EVALUASI
PROGRAM ATAU EVALUASI KEBIJAKAN
1.
SISTEMATIKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Fokus Penelitian
C.
Perumusan Masalah
D.
Kegunaan Penelitian
BAB II
TINJAUAN
PUSTAKA
A.
Deskripsi Konseptual Evaluasi Program/Kebijakan
B.
Deskripsi Program/Kebijakan yang Dievaluasi
C. Model EvaluasiProgram/Kebijakan yang Dipilih
D. Hasil
Penelitian yang Relevan
E.
Kriteria Evaluasi
BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
- Tujuan Penelitian
- Tempat dan Waktu Penelitian
- Pendekatan, Metode dan Desain Model Penelitian
- Instrumen Penelitian
a)
Kisi-kisi Instrumen
b)
Validasi Instrumen
- Teknik dan Prosedur Pengumpulan Data
- Teknik Analisis Data
- Pemeriksaan Keabsahan Data
BAB IV
HASIL
PENELITIAN
A.
Hasil Evaluasi
B.
Pembahasan
BAB V
KESIMPULAN DAN
REKOMENDASI
- Kesimpulan
- Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Lampiran 1 Pedoman
Observasi
Lampiran 2 Pedoman
wawancara
Lampiran 3 Angket
Lampiran 4 Catatan
Lapangan Hasil Observasi
Lampiran 5 Catatan
Lapangan Hasil Wawancara
Lampiran 6 Dokumen
Pendukung (Foto, dokumen program dan kebijakan yang dievaluasi sesuai fokus)
2. PENJELASAN ISI
SISTEMATIKA
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Peneliti menjelaskan tentang mengapa program atau kebijakan
tersebut penting untuk diteliti. Alasannya harus berdasarkan kepada fakta
empiris yang dibandingkan dengan konsep program atau kebijakan.Dalam menuliskan
latar belakang masalah peneliti memulai dengan gambaran faktual secara induktif
dibandingkan dengan konsep atau secara deduktif diawali dengan konsep
dilanjutkan dengan faktual.Uraikan secara singkat gambaran model evaluasi yang
sesuai dengan program atau kebijakan yang akan dievaluasi. Pada akhir
penjelasan latar belakang masalah perlu ditekankan pentingnya evaluasi program
atau kebijakan tersebut dilakukan.
- Fokus Penelitian
Peneliti menuliskan fokus penelitian, karena dalam suatu
penelitian tidak mungkin peneliti meneliti semua permasalahan dalam suatu
program atau kebijakan. Oleh karena itu berdasarkan latar belakang
masalah,peneliti perlu menetapkan fokus permasalahan yang mencakup
komponen-komponen apa yang akan dievaluasi pada suatu program atau kebijakan. Fokus penelitian dinyatakan dalam bentuk
pernyataan.
- Perumusan Masalah
Peneliti
menjabarkan fokus permasalahan penelitian dalam bentuk pertanyaan penelitian
yang menekankan kepada efektivitas masing-masing komponen pada model evaluasi
yang ditentukan.
- Kegunaan Penelitian
Peneliti mendeskripsikan kegunaan penelitian yang berisi
penjelasan tentang kegunaan hasil penelitian sebagai salah satu bahan informasi
bagi pengambil kebijakan/keputusan.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A.
Deskripsi Konseptual
Evaluasi Program/Kebijakan
Peneliti membahas konsep yang berkaitan dengan evaluasi
program/kebijakan. Pada tesis minimal 3 (tiga) rujukan konsep dan disertasi
minimal 5 (lima) rujukan konsep. Kajian konseptual tidak sekedar mencantumkan
konsep-konsep secara runtut dari berbagai sumber tetapi merupakan hasil
analisis dari berbagai konsep. Setelah mengkomparasikan antar konsep ditemukan
persamaan dan perbedaanya. Persamaan itu menjadi
dasar sintesis
dari konsep.
B.
Konsep Program/Kebijakan yang diteliti
Peneliti memberikan gambaran tentang
program atau kebijakan yang akan dievaluasi diantaranya: tujuan, sasaran,
kebutuhan, rumusan kebijakan/program, gambaran keberadaan program/kebijakan
secara real di lapangan, yang dapat diperoleh melalui survei pendahuluan
sebelum menyusun proposal penelitian.
C.
Model
EvaluasiProgram/Kebijakan
Peneliti mendeskripsikan model-model evaluasi program atau
evaluasi kebijakan yang relevan dengan karakteristik penelitian.Selanjutnya
peneliti menentukan model evaluasi yang relevan dengan karakteristik program/kebijakan
yang akan diteliti. Model evaluasi yang telah ditentukan dijabarkan ke dalam
komponen evaluasi secara rinci dengan mengaitkan pada program/kebijakan yang
diteliti. Hasil penjabaran model evaluasi yang dipilih akan menjadi acuan dalam
menyusun pertanyaan penelitian.
D.
Hasil Penelitian yang Relevan (Jika Ada)
Peneliti mendeskripsikan hasil penelitian yang telah
dilakukan sebelumnya dan relevan dengan fokus penelitian. Selanjutnya peneliti
menjelaskan posisi penelitiannya dengan cara mendeskripsikan persamaan dan
perbedaan penelitian yang dilakukannya dengan penelitian relevan yang
disajikan.
E.
Kriteria Evaluasi
Peneliti membahas konsep yang berkaitan dengan aspek yang
akan dievaluasi pada setiap komponen sehingga diperoleh kriteria/standar
evaluasi setiap aspek yang diteliti. Kajian konseptual tidak sekedar
mencantumkan konsep secara runtut dari berbagai sumber tetapi merupakan hasil
analisis dari berbagai konsep. Sumber yang digunakan untuk penentuan kriteria
dapat dikembangkan dari standar yang telah ada atau peneliti dapat
mengembangkan berdasarkan teori.Selanjutnya Kriteria/standar evaluasiyang
disajikan dalam bentuk tabel yang berisikan kolom komponen evaluasi, aspek yang
dievaluasi, dan kriteria/standar evaluasi/keberhasilan.
BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
- Tujuan Penelitian
Peneliti mendeskripsikan tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan
pertanyaan-pertanyaan penelitian.
- Tempat dan Waktu Penelitian
Peneliti mendeskripsikan di mana lokasi penelitian dilakukan
dan kurun waktu yang digunakan selama penelitian mulai dari penyusunan rencana
(proposal) hingga penyusunan laporan penelitian itu selesai dilakukan.
- Pendekatan, Metode dan Desain Model Penelitian
Peneliti menentukan pendekatan, metode penelitian yang
digunakan dan menjelaskannya menurut ahli tertentu. Selanjutnya peneliti
menjelaskan desain model evaluasi program atau kebijakan yang telah ditetapkan.
Desain disajikan dalam bentuk bagan yang dilengkapi dengan penjelasan.
- Instrumen Penelitian
1.
Kisi-kisi Instrumen
Peneliti merancang kisi-kisi instrumen sesuai dengan komponen
dan aspek yang dievaluasi. Kisi-kisi instrumen disajikan dalam bentuk tabel
yang berisikan aspek yang dievaluasi, indikator, nomor butir (butir positif,
butir negatif) dan jumlah butir untuk setiap aspek yang dievaluasi.
2.
Validasi Instrumen
Validasi teoritik/konstruk dilakukan dengan telaah pakar dan/atau
panel. Proses penelaahan teoretis suatu konsep dimulai dari komponen evaluasi,
aspek yang dievaluasi, indikator sampai kepada penjabaran dan penulisan butir
instrumen. Peneliti menjelaskan pakar
yang menelaah instrumen, prosedur telaah dan hasil telaahnya secara
kualitatif.Selanjutnya peneliti menjelaskan prosedur telaah dan hasil uji
validasi panel secara kuantitatif.
- Teknik dan Prosedur Pengumpulan Data
Peneliti menjelaskan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara,
observasi, angket, telaah dokumen dan focus group discution. Selanjutkan
peneliti menyajikam teknik pengumpulan data dalam bentuk tabel atau bagan yang
meliputi komponen evaluasi, aspek yang dievaluasi, sumber data, instrumen yang
digunakan dan sumber data, teknik pengumpulan data dan
jenis instrumen yang digunakan.Peneliti menjelaskan prosedur pengumpulan
data yang disesuaikan dengan komponen-komponen evaluasi.
- Teknik Analisis Data
Peneliti mendeskripsikan teknik analisis data yang digunakan
meliputi analisis data dengan statistika deskriptif dan analisis data secara
kualitatif. Analisis data dengan statistika deskriptif disajikan dalam bentuk
tabel atau grafik tentang aspek yang diukur. Analisis secara kualitatif
dilakukan dengan cara analisis selama
pengumpulan data dan analisis setelah data terkumpul. Analisis selama
pengumpulan data meliputi: mengembangkan
catatan lapangan, mengkategorikan data, memberi kode pada data, memasukkan data
ke dalam format analisis, dan mengembangkan pertanyaan untuk mengumpulkan
dataselanjutnya; sedangkan analisis setelah data terkumpul meliputi: mengumpulkan dan memberi nomor secara
kronologis sesuai dengan waktu pengumpulan data, meneliti ulang data dan
mengelompokkannya dalam satu format kategori dan klasifikasi data sesuai dengan
kodenya, memaparkan data yang telah dianalisis sesuai dengan komponen model
evaluasi, dan penarikan beberapa kesimpulan.
- Pemeriksaan Keabsahan Data
Peneliti menjelaskan bagaimana keabsahan
data yang mencakup kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan
komfirmabilitas
BAB IV
HASIL
PENELITIAN
- Hasil Evaluasi
Peneliti menguraikan hasil evaluasi untuk setiap komponen
yangdievaluasi. Data kuantitatif yang dijaring melalui angket disajikan dalam
bentuk tabel atau grafik, sedangkan data kualitatif yang dijaring melalui hasil
wawancara, observasi dan data dokumentasi dideskripsikan secara naratif dan
dimaknai untuk setiap komponen evaluasi.
- Pembahasan
Peneliti membandingkan hasil temuan dengan kriteria evaluasi
sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Selanjutnya kesimpulan penelitian
dibahas kemengapaannya dengan dukungan data kualitatif yang telah dimaknai dan
mengaitkan dengan antar komponen-komponen model evaluasi.
BAB
V
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
- Kesimpulan
Peneliti mendeskripsikan hasil evaluasi untuk setiap komponen secara umum.
- Rekomendasi
Peneliti menyusun rekomendasi untuk memperbaiki implementasi
program atau kebijakan. Rekomendasi tidak hanya memuat apa yang harus dilakukan
dan bagaimana melakukannya tetapi juga harus mempertimbangkan: pembuat program
atau kebijakan yang menerima rekomendasi, alat dan bahan yang tersedia bagi
kemungkinan implementasi rekomendasi, waktu implementasi, dan kondisi
lingkungan.
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
Lampiran 1 Pedoman
Observasi
Lampiran 2 Pedoman
wawancara
Lampiran 3 Instrumen
Lampiran 4 Catatan
Lapangan Hasil Observasi
Lampiran 5 Catatan
Lapangan Hasil Wawancara
Lampiran 6 Dokumen
Pendukung (Foto, dokumen program dan kebijakan yang dievaluasi sesuai fokus)
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar