KELOMPOK KUALITATIF
(ETNOGRAFI, STUDI KASUS, FENOMENOLOGI, GROUNDED
THEORY, NARATIF/ HISTORIS, DAN ANALISIS ISI)
1.
SISTEMATIKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B. Fokus dan Subfokus Penelitian
C.
Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian
D.
Kegunaan
Penelitian
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA
A.
Deskripsi Konseptual Fokus
dan Subfokus Penelitian
B.
Hasil Penelitian yang
Relevan
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tujuan Penelitian
B.
Tempat dan Waktu Penelitian
C.
Latar Penelitian
D.
Metode dan Prosedur
Penelitian
E.
Data dan Sumber Data
F.
Teknik dan Prosedur
Pengumpulan Data
G.
Prosedur Analisis Data
H.
Pemeriksaan Keabsahan Data
1.
Kredibilitas
2.
Transferabilitas
3.
Dependabilitas
4.
Konfirmabilitas
BAB IV
HASIL PENELITIAN
A.
Gambaran Umum tentang Lokus Penelitian
B.
Temuan Penelitian
BAB V
PEMBAHASAN TEMUAN PENELITIAN
BAB VI
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A.
Kesimpulan
B.
Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Lampiran 1 Pedoman
Observasi
Lampiran 2 Pedoman
wawancara
Lampiran 3 Catatan
Lapangan Hasil Observasi
Lampiran 4 Catatan
Lapangan Hasil Wawancara
Lampiran 5 Dokumen
Pendukung (Foto dan dokumen)
Lampiran 6 Hasil
Analisis Data
2.
PENJELASAN ISI SISTEMATIKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Peneliti menguraikan konteks atau situasi yang mendasari munculnya
permasalahan
yang menjadi fokus
penelitian. Konteks
permasalahan bisa berupa tinjauan historis, ekonomis, sosial,dan kultural.
Penggambaran konteks permasalahan penelitian dapat dilakukan dengan menunjukkan
fenomena-fenomena, fakta-fakta empiris atau kejadian aktual dan unik yang
terjadi di masyarakat yang sudah terpublikasikanmelalui media massa, buku-buku, hasil-hasil penelitian
sebelumnya, atau sumber lainnya. Peneliti dapat juga menyertakan data statistik
untuk menunjukkan aktualitas dan trend
atau perkembangan fenomena yang
menjadi latar belakang masalah penelitian.Peneliti dapat juga menyertakan hasil
studi pendahulu (pre-eliminary
study) atas fenomena
tertentu yang berupa data kuantitatif ataupun kutipan wawancara.Bagian latar belakang masalah ini sebaiknya diakhiri
dengan batasan yang dibuat oleh peneliti berkaitan dengan fenomena,fakta
empiris, ataupun kejadian aktual yang sudah dipaparkan sebelumnya.Batasan atas
fenomena tersebut diharapkan dapat mengantarkan peneliti menuju fokus penelitian yang akan diteliti sekaligus menunjukkan penting dan
menariknya permasalahan tersebut.
B.
Fokus dan Subfokus Penelitian
Peneliti menetapkan fokus penelitian, yaitu area
sepesifik yang akan diteliti. Setelah fokus ditentukan, selanjutnya ditetapkan
sudut tinjauan dari fokus tersebut sebagai sub-subfokus penelitian.
C. Perumusan Masalah
dan Pertanyaan Penelitian
Peneliti merumuskan masalah penelitian dalam bentuk
kalimat tanya yang bersifat umum (grand tour question) sebagai
pertanyaan payung. Kemudian rumusan masalah ini dikembangkan menjadi
pertanyaan-pertanyaan yang lebih sepesifik (research question) sesuai
dengan sub-subfokus penelitian.
D.
Kegunaan
Penelitian
Peneliti menjelaskan
manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian. Kegunaan dapat diklasifikasikan menjadi kegunaan teoretis dan kegunaan praktis. Kegunaan teoretis adalah bagaimana hasil penelitian menjadi
bagian dari proses pengembangan ilmu. Manfaat praktis adalah bagaimana hasil penelitian dapat
digunakan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Deskripsi
Konseptual Fokus dan Subfokus Penelitian
Peneliti mendeskripsikan konsep-konsep yang dapat
dijadikan landasan penelitian yang berhubungan dengan fokus dan subfokus
penelitian. Konsep tersebut didasarkan pada tinjauan pustaka dari berbagai buku
dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Deskripsi konseptual ini
diperlukan untuk memberikan gambaran tentang fokus penelitian dan bagaimana
fokus penelitian dikembangkan menjadi subfokus penelitian.
B. Hasil
Penelitian yang Relevan
Peneliti mengkemukakan hasil penelitian yang
berhubungan dengan topik penelitian yang dilaksanakan. Hasil penelitian yang
relevan dimaksudkan untuk menunjukkan posisi penelitian yang dilakukan di
antara penelitian-penelitian yang berkaitan yang pernah dilakukan.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan
Penelitian
Penelitian menjelaskan tujuan penelitian yaitu untuk
memperoleh pemahaman yang mendalam tentang fokus dan subfokus penelitian.
B. Metode
dan Prosedur Penelitian
Peneliti menjelaskan pendekatan dan metode penelitian
yang digunakan serta prosedur pelaksanaannya. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitian sesuai
dengan jenis penelitian kualitatif yang digunakan (etnografi, studi kasus,
fenomenologi, grounded theory,
naratif, atau analisis isi). Prosedur penelitian menjelaskan langkah-langkah
penelitian. Prosedur penelitian kualitatif pada umumnya bersifat siklus.
C.
Tempat dan Waktu Penelitian
Peneliti menjelaskan dimana penelitian dilakukan dan
kapan penelitian itu dilakukan. Waktu penelitian adalah sejak melakukan
observasi awal sebagai persiapan penulisan proposal sampai pada penulisan
laporan penelitian. Khusus penelitian analisis isi tidak terikat dengan tempat
tertentu.
D. Latar
Penelitian
Peneliti menjelaskan latar penelitian yang
menggambarkan situasi sosial yang menjadi latar penelitian. Untuk menjelaskan
latar penelitian ini peneliti perlu melakukan observasi pendahuluan. Peneliti
sudah mengumpulkan data tentang gambaran umum konteks penelitian berupa subjek,
lokasi, kegiatan dan waktu yang melatari fenomena yang menjadi fokus
penelitian.
E. Data
dan Sumber Data
Peneliti menjelaskan informasi atau data yang
dikumpulkan sehubungan dengan fokus dan subfokus penelitian. Kemudian
dijelaskan pula sumber-sumber data primer maupun sekunder yang digunakan dalam
penelitian baik informan, peristiwa, maupun dokumen.
F. Teknik
dan Prosedur Pengumpulan Data
Peneliti menjelaskan teknik dan prosedur yang
digunakan dalam pengumpulan data yang meliputi: (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumen, dan (4) focus group discution.
G. Prosedur
Analisis Data
Peneliti menjjelaskan prosedur analisis data, baik
selama proses pengumpulan data maupun setelah data terkumpul. Prosedur analisis
dapat menggunakan salah satu dari model-model analisis data kualitatif yang
sesuai dengan jenis (metode) penelitian kualitatif yang digunakan (model Milles
& Hubberman, Spradly, Bogdan & Biklen, Strauss & Corbin, Yin, atau
Analisis Isi).
H. Pemeriksaan
Keabsahan Data
Peneliti menjelaskan bagaimana keabsahan data yang
mencakup kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan komfirmabilitas.
Kredibilitas (Credibility).
Kredibilitas merupakan penetapan hasil penelitian kualitatif yang kredibel atau
dapat dipercaya dari persepektif partisipan dalam penelitian tersebut. Karena
dari perspektif ini tujuan penelitian kualitatif adalah untuk mendeskripsikan
atau memahami fenomena yang menarik perhatian dari sudut pandang partisipan.
Partisipan adalah satu-satunya orang yang dapat menilai secara sah kredibelitas
hasil penelitian tersebut. Strategi untuk meningkatkan kredibilitas data
meliputi perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, triangulasi, diskusi
teman sejawat, analisis kasus negatif, dan memberchecking.
Transferabilitas (Transferability).
Transferabilitas merujuk pada tingkat kemampuan hasil penelitian kualitatif
untuk dapat digeneralisasikan atau
ditranfer pada konteks atau seting yang lain. Dari sebuah perspektif kualitatif
transferabilitas merupakan tanggung jawab seseorang dalam melakukan
generalisasi. Peneliti kualitatif dapat meningkatkan transferabilitas dengan
melakukan suatu pekerjaan mendeskripsikan konteks penelitian dan asumsi-asumsi
yang menjadi sentral pada penelitian tersebut. Orang yang ingin mentransfer
hasil penelitian pada konteks yang berbeda bertanggung jawab untuk membuat
keputusan tentang bagaimana transfer tersebut masuk akal.
Dependabilitas (Dependability).
Dependabilitas menekankan perlunya peneliti untuk memperhitungkan konteks yang
berubah-ubah dalam penelitian yang dilakukan. Peneliti bertanggung jawab
menjelaskan perubahan-perubahan yang terjadi dalam seting dan bagaimana
perubahan-perubahan tersebut dapat mempengaruhi cara pendekatan penelitian
dalam studi tersebut.
Konfirmabilitas (Confirmability).
Konfirmabilitas atau objektivitas merujuk pada tingkat kemampuan hasil
penelitian yang dikonfirmasikan oleh orang lain. Terdapat sejumlah strategi
untuk meningkatkan konfirmabilitas. Peneliti dapat mendokumentasikan prosedur
untuk mengecek dan mengecek kembali seluruh data penelitian. Peneliti lain
dapat mengambil suatu peran “devil’s advocate” terhadap hasil
penelitian, dan proses ini dapat didokumentasikan. Peneliti secara aktif dapat
menelusuri dan mendeskripsikan contoh-contoh negatif yang bertentangan dengan
pengamatan sebelumnya.
BAB IV
HASIL
PENELITIAN
A. Gambaran
Umum
Peneliti menguraikan tentang latar sosial, historis,
budaya, ekonomi, demografi, lingkungan, sebagai gambaran umum penelitian yang
melatari temuan penelitian.
B. Temuan
Penelitian
Peneliti mendeskripsikanhasil analisis dan temuan
penelitian sesuai dengan fokus dan subfokus penelitian.
a.
Subfokus 1
b.
Subfokus 2
c.
Subfokus 3
d.
Subfokus 4
e.
Subfokus 5
f.
Subfokus dst.
BAB V
PEMBAHASAN TEMUAN PENELITIAN
Peneliti membahas temuan penelitian seperti yang
dideskripsikan pada hasil penelitian. Pembahasan temuan penelitian sesuai
dengan fokus dan subfokus penelitian merupakan interpretasi atau verifikasi
temuan dengan menghubungkan dengan konsep-konsep dan teori yang ada. Temuan
berupa proposisi.
a.
Subfokus 1
b.
Subfokus 2
c.
Subfokus 3
d.
Subfokus 4
e.
Subfokus 5
f.
Subfokus dst.
BAB VI
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
Peneliti menuliskan kesimpulan penelitian yang berisi
proposisi-proposi atau tema-tema sebagai hasil interpretasi atau verifikasi
temuan dengan konsep-konsep dan teori-teori yang sesuai dengan fokus dan
subfokus penelitian.
B. Rekomendasi
Peneliti mengemukakaan rekomendasi tentang perlunya
penelitian lanjutan dan implementasi temuan penelitian tersebut dalam pemecahan
masalah praktis.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Lampiran 1 Pedoman
Observasi
Lampiran 2 Pedoman
wawancara
Lampiran 3 Catatan
Lapangan Hasil Observasi
Lampiran 4 Catatan
Lapangan Hasil Wawancara
Lampiran 5 Dokumen
Pendukung (Foto dan dokumen)
Lampiran 6 Hasil
Analisis Data
Tidak ada komentar:
Posting Komentar