Tinjauan Pustaka mempunyai arti: peninjauan kembali
pustaka-pustaka yang terkait (review of related literature). Sesuai
dengan arti tersebut, suatu tinjauan pustaka berfungsi sebagai peninjauan
kembali (review) pustaka (laporan penelitian, dan sebagainya) tentang
masalah yang berkaitan—tidak selalu harus tepat identik dengan bidang
permasalahan yang dihadapi—tetapi termasuk pula yang seiring dan berkaitan (collateral).
Fungsi peninjauan kembali pustaka yang berkaitan merupakan hal yang mendasar dalam penelitian, seperti dinyatakan oleh Leedy (1997) bahwa semakin banyak seorang peneliti mengetahui, mengenal dan memahami tentang penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya (yang berkaitan erat dengan topik penelitiannya), semakin dapat dipertanggung jawabkan caranya meneliti permasalahan yang dihadapi. Walaupun demikian, sebagian penulis (usulan penelitian atau karya tulis) menganggap tinjauan pustaka merupakan bagian yang tidak penting sehingga ditulis “asal ada” saja atau hanya untuk sekedar membuktikan bahwa penelitian (yang diusulkan) belum pernah dilakukan sebelumnya.
Pembuktian keaslian penelitian tersebut sebenarnya hanyalah salah satu dari beberapa kegunaan tinjauan pustaka. Kelemahan lain yang sering pula dijumpai adalah dalam penyusunan, penstrukturan atau pengorganisasian tinjauan pustaka. Banyak penulisan tinjauan pustaka yang mirip resensi buku (dibahas buku per buku, tanpa ada kaitan yang bersistem) atau mirip daftar pustaka (hanya menyebutkan siapa penulisnya dan di pustaka mana ditulis, tanpa membahas apa yang ditulis).
Berdasar kelemahan-kelemahan yang sering dijumpai di atas, tulisan ini berusaha untuk memberikan kesegaran pengetahuan tentang cara-cara penulisan tinjauan pustaka yang lazim dilakukan. Cakupan tulisan ini meliputi empat hal, yaitu: (a) kegunaan, (b) organisasi tinjauan pustaka, (c) kaitan tinjauan pustaka dengan daftar pustaka, dan (d) cara pencarian bahan-bahan pustaka, terutama dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Kegunaan Tinjauan Pustaka
Leedy (1997:71) menerangkan bahwa suatu tinjauan pustaka
mempunyai kegunaan untuk:
- Mengungkapkan penelitian-penelitian yang serupa dengan penelitian yang (akan) kita lakukan; dalam hal ini, diperlihatkan pula cara penelitian-penelitian tersebut menjawab permasalahan dan merancang metode penelitiannya;
- Membantu memberi gambaran tentang metoda dan teknik yang dipakai dalam penelitian yang mempunyai permasalahan serupa atau mirip penelitian yang kita hadapi;
- Mengungkapkan sumber-sumber data (atau judul-judul pustaka yang berkaitan) yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya;
- Mengenal peneliti-peneliti yang karyanya penting dalam permasalahan yang kita hadapi (yang mungkin dapat dijadikan nara sumber atau dapat ditelusuri karya -karya tulisnya yang lain—yang mungkin terkait);
- Memperlihatkan kedudukan penelitian yang (akan) kita lakukan dalam sejarah perkembangan dan konteks ilmu pengetahuan atau teori tempat penelitian ini berada;
- Menungkapkan ide-ide dan pendekatan-pendekatan yang mungkin belum kita kenal sebelumya;
- Membuktikan keaslian penelitian (bahwa penelitian yang kita lakukan berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya); dan
- Mampu menambah percaya diri kita pada topik yang kita pilih karena telah ada pihakpihak lain yang sebelumnya juga tertarik pada topik tersebut dan mereka telah mencurahkan tenaga, waktu dan biaya untuk meneliti topik tersebut.
Dalam penjelasan
yang hampir serupa, Castetter dan Heisler (1984, hal. 38-43) menerangkan bahwa
tinjauan pustaka mempunyai enam kegunaan, yaitu: (1) mengkaji sejarah
permasalahan; (2) membantu pemilihan prosedur penelitian; (3) mendalami
landasan teori yang berkaitan dengan permasalahan; (4) mengkaji kelebihan dan
kekurangan hasil penelitian terdahulu; (5) menghindari duplikasi penelitian;
dan (6) menunjang perumusan permasalahan. Karena penjelasan Castetter dan
Heisler di atas lebih jelas, maka pembahasan lebih lanjut tentang kegunaan
tinjauan pustaka dalam tulisan ini mengacu pada penjelasan mereka. Satu persatu
kegunaan (yang saling kait mengkait) tersebut dibahas dalam bagian berikut ini.
Kegunaan 1: Mengkaji
sejarah permasalahan
Sejarah
permasalahan meliputi perkembangan permasalahan dan perkembangan penelitian
atas permasalahan tersebut. Pengkajian terhadap perkembangan permasalahan
secara kronologis sejak permasalahan tersebut timbul sampai pada keadaan yang
dilihat kini akan memberi gambaran yang lebih jelas tentang perkembangan materi
permasalahan (tinjauan dari waktu ke waktu: berkurang atau bertambah parah; apa
penyebabnya). Mungkin saja, tinjauan seperti ini mirip dengan bagian “Latar
belakang permasalahan” yang biasanya ditulis di bagian depan suatu usulan
penelitian. Bedanya: dalam tinjauan pustaka, kajian selalu mengacu pada pustaka
yang ada. Pengkajian kronologis atas penelitian–penelitian yang pernah
dilakukan atas permasalahan akan membantu memberi gambaran tentang apa yang
telah dilakukan oleh peneliti-peneliti lain dalam permasalahan tersebut.
Gambaran bermanfaat terutama tentang pendekatan yang dipakai dan hasil yang
didapat.
Kegunaan 2: Membantu
pemilihan prosedur penelitian
Dalam merancang
prosedur penelitian (research design), banyak untungnya untuk mengkaji
prosedur-prosedur (atau pendekatan) yang pernah dipakai oleh peneliti-peneliti
terdahulu dalam meneliti permasalahan yang hampir serupa. Pengkajian meliputi
kelebihan dan kelemahan prosedur-prosedur yang dipakai dalam menjawab permasalahan.
Dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan prosedur-prosedur tersebut, kemudian
dapat dipilih, diadakan penyesuaian, dan dirancang suatu prosedur yang cocok
untuk penelitian yang dihadapi.
Kegunaan 3: Mendalami landasan teori yang berkaitan
dengan permasalahan
Salah satu
karakteristik penelitian adalah kegiatan yang dilakukan haruslah berada pada
konteks ilmu pengetahuan atau teori yang ada. Pengkajian pustaka, dalam hal
ini, akan berguna bagi pendalaman pengetahuan seutuhnya (unified explanation)
tentang teori atau bidang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan permasalahan.
Pengenalan teori-teori yang tercakup dalam bidang atau area permasalahan
diperlukan untuk merumuskan landasan teori sebagai basis perumusan hipotesa
atau keterangan empiris yang diharapkan.
Kegunaan 4: Mengkaji
kelebihan dan kekurangan hasil penelitian terdahulu
Di bagian awal
tulisan ini disebutkan bahwa kegunaan tinjauan pustaka yang dikenal umum adalah
untuk membuktikan bahwa penelitian (yang diusulkan) belum pernah dilakukan sebelumnya.
Pembuktian keaslian penelitian ini bersumber pada pengkajian terhadap
penelitian-penelitian yang pernah dilakukan. Bukti yang dicari bisa saja berupa
kenyataan bahwa belum pernah ada penelitian yang dilakukan dalam permasalahan
itu, atau hasil penelitian yang pernah ada belum mantap atau masih mengandung
kesalahan atau kekurangan dalam beberapa hal dan perlu diulangi atau
dilengkapi. Dalam penelitian yang akan dihadapi sering diperlukan pengacuan
terhadap prosedur dan hasil penelitian yang pernah ada (lihat kegunaan 2).
Kehati-hatian perlu ada dalam pengacuan tersebut. Suatu penelitian mempunyai
lingkup keterbatasan serta kelebihan dan kekurangan. Evaluasi yang tajam
terhadap kelebihan dan kelemahan tersebut akan
berguna terutama dalam memahami tingkat kepercayaan (level of
significance) hal-hal yang diacu. Perlu dikaji dalam penelitian yang
dievaluasi apakah temuan dan kesimpulan berada di luar lingkup penelitian atau
temuan tersebut mempunyai dasar yang sangat lemah. Evaluasi ini menghasilkan penggolongan
pustaka ke dalam dua kelompok: 1.
Kelompok Pustaka Utama (Significant literature); dan 2. Kelompok
Pustaka Penunjang (Collateral Literature).
Kegunaan 5: Menghindari duplikasi penelitian
Kegunaan yang kelima ini, agar tidak terjadi duplikasi penelitian,
sangat jelas maksudnya. Masalahanya, tidak semua hasil penelitian dilaporkan
secara luas. Dengan demikian, publikasi atau seminar atau jaringan informasi
tentang hasil-hasil penelitian sangat penting. Dalam hal ini, peneliti perlu
mengetahui sumber-sumber informasi pustaka dan mempunyai hubungan (access)
dengan sumber-sumber tersebut. Tinjauan pustaka, berkaitan dengan hal ini,
berguna untuk membeberkan seluruh pengetahuan yang ada sampai saat ini
berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi (sehingga dapat menyakinkan bahwa
tidak terjadi duplikasi).
Kegunaan 6: Menunjang perumusan permasalahan
Kegunaan yang keenam dan taktis ini berkaitan dengan
perumusan permasalahan. Pengkajian pustaka yang meluas (tapi tajam), komprehe
nsif dan bersistem, pada akhirnya harus diakhiri dengan suatu kesimpulan yang
memuat permasalahan apa yang tersisa, yang memerlukan penelitian; yang
membedakan penelitian yang diusulkan dengan penelitianpenelitian yang pernah
dilakukan sebelumnya. Dalam kesimpulan tersebut, rumusan permasalahan ditunjang
kemantapannya (justified). Pada beberapa formulir usulan penelitian
(seperti misalnya pada formulir Usulan Penelitian DPP FT UGM), bagian
kesimpulan ini sengaja dipisahkan tersendiri (agar lebih jelas menonjol) dan
ditempatkan sesudah tinjauan pustaka serta diberi judul “Keaslian Penelitian”.
Organisasi Tinjauan Pustaka
Seperti telah dijelaskan di atas, banyak dijumpai
kelemahan dalam penulisan tinjauan pustaka dilihat dari cara menyusun atau
mengorganisasi materinya. Organisasinya yang lemah ditunjukan oleh tidak adanya
sistem (keterkaitan) yang jelas ditampilkan dalam tinjauan pustaka tersebut.
Berkaitan denga persyaratan untuk bersistem tersebut, dalam formulir Usulan
Penelitian telah ditulis dengan jelas, sebagai berikut:
“TINJAUAN PUSTAKA (Buatlah suatu uraian yang baik, luas dan bersistem mengenai penelitian-penelitian yang sudah pernah diadakan dan yang mempunyai kaitan dengan penelitian yang diusulkan ini….)”.
Dalam hal organisasi tinjauan pustaka, Castetter dan
Heisler (1984, hal. 43-45) menyarankan tentang bagian-bagian tinjauan pustaka,
yang meliputi: (1). pendahuluan, (2) pembahasan, dan (3) kesimpulan. Dalam
bagian pendahuluan, biasanya ditunjukan peninjauan dan kriterian penetapan
pustaka yang akan ditinjau (dapat diungkapkan dengan sederetann pertanyaan
keinginan–tahu). Pada bagian pendahuluan ini pula dijelaskan tentang organisasi
tinjauan pustaka, yaitu pengelompokan secara sistematis dengan menggunakan
judul dan sub-judul pembahasan; umumnya, pengelompokan didasarkan pada topik;
cara lain, berdasar perioda (waktu, kronologis). Contoh “bagian pendahuluan”
dari suatu tinjauan pustaka sebagai berikut—
Contoh
1:
Tinjauan pustaka dalam penelitian ini meliputi lima
kelompok pembahasan. Pembahasan pertama
merupakan tinjauan singkat tentang system permodelan transportasi kota, sebagai
pengantar atau pengenalan tentang penyebaran beban lalulintas ke ruas-ruas
jalan. Pembahasan kedua berkaitan dengan pengetahuan penyebaran beban
lalulintas ke ruas-ruas jalan (trip assignment) itu sendiri, dan
pembahasan kelompok ketiga menyangkut tinjauan kronologis pengembangan
paket-paket program komputer untuk perhitungan sebaran beban lalulintas.
Pembahasan keempat bersangkut–paut dengan kritik terhadap paket-paket komputer
dalam bidang system permodelan transportasi kota yang ada; sedangkan pembahasan
kelima memfokuskan pada interaksi (dialog) antara program komputer dan pemakai.
(Sumber: Djunaedi, 1988)
Contoh 2:
….tinjauan pustaka ini
dirancang untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut:
1)
Seperti
apakah proses perencanaan kota komprehensif itu?
2) Bagian mana saja dari proses tersebut yang terstruktur dan bagian mana saja
yang tidak terstruktur?
3) Sejauh mana bagian-bagian proses tersebut sampai saat ini telah terkomputerkan?
4)
Siapa
saja atau pihak mana yang terlibat dalam proses perencanaan tersebut?
5)
Seperti
apakah produk akhir dari proses perencanaan tersebut?
(Sumber: Djunaedi, 1986: hal. 9)
Bagian kedua, pembahasan, disusun sesuai organisasi yang
telah ditetapkan dalam bagian pendahuluan. Pembahasan pustaka perlu
dipertimbangkan keterbatasan bahwa tidak mungkkin (tepatnya: tidak perlu) semua
pustaka dibahas dengan kerincian yang sama; ada pustaka yang lebih penting dan
perlu dibahas lebih rinci daripada pustaka lainnya. Dalam hal ada kemiripan
isi, perincian dapat diterapkan pada salah satu pustaka; sedangkan pustaka
lainnya cukup disebutkan saja tapi tidak dirinci.
Misal : Komponen Sistem
Penunjang Pembuatan Keputusan, seperti dijelaskan oleh Mittra (1986), meliputi
empat modul: pengendali, penyimpan data, pengolah data, dan pembuat model.
Penjelasan serupa diberikan pula oleh Sprague dan Carlson (1982), dan Bonczek
et al. (1981). Sebagai peninjauan yang bersistem, disamping menuruti organisasi
yang telah ditetapkan, dalam pembahasan secara rinci perlu ditunjukkan
keterkaitan satu pustaka dengan pustaka lainnya. Bukan hanya menyebut
“Si A menjelaskan bahwa . . . . . . Si B menerangkan . . . .. . Si Z memerinci . . . . . . “; tapi perlu dijelaskan keterkaitannya, misal “Si B menerangkan bahwa . . . . . . sebaliknya si G membantah hal tersebut dan menyatakan bahwa . . . . . .Bantahan serupa muncul dari berbagai pihak, misalnya diungkapkan oleh si W, si S dan si Y. Ketiga penulis terakhir ini bahkan menyatakan bahwa . . . . . .
Tinjauan Pustaka
diakhiri dengan kesimpulan atau ringkasan yang menjelaskan tentang “apa arti semua
tinjauan pustaka tersebut (what does it all mean?)”. Secara rinci,
kesimpulan atau ringkasan tersebut hendaknya memuat jawaban terhadap pertanyaanpertanyaan
berikut ini, tentang:
(a)
status saat ini,
mengenai pengetahuann yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti
(apakah permasalahan sebenarnya telah tuntas terjawab?);
(b)
penelitian-penelitian
terdahulu yang dengan permasalahan yang dihadapi (adakah sesuatu dan apakah
yang dapat dimanfaatkan?);
(c) kualitas penelitian-penelitian yang dikaji (mantap atau hanya dapat
dipercayai sebagian saja?);
(d)
kedudukan dan peran
penelitian yang diusulkan dalam konteks ilmu pengetahuan yang ada.
Contoh bagian ringkasan dari tinjauan pustaka:
Isi tinjauan
pustaka di atas dapat diringkas sebagai berikut:
(1) Telah tersedia pengetahuan tentang teknik perhitungan sebaran beban
lalulinas ke ruas-ruas jalan.
(2) Teknik tersebut telah diwujudkan dalam suatu bagian dari program komputer
berskala besar sampai menengah, yang dijalankan denngan komputer besar (main–frame).
(3) Dibutuhkan penerapan teknik tersebut pada komputer mikro mengingat komputer
mikro telah tersebar luas di Indonesia.
(4) Untuk pembuatan program simulator ini perlu dipertimbangkan hasil-hasil
penelitian yang pernah dilakukan menyangkut interaksi (dialog) antara program
komputer dan pemakai yang bukan pemrogram, terutama dalam bentuk dialog,
keterlibatan pemakai, dan keterbatasan waktu dalam diri pemakai.
(Sumber:
Djunaedi, 1988)
Kaitan Tinjauan Pustaka
dengan Daftar Pustaka
Di bagian awal tulisan
in telah disebutkan bahwa sering terdapat penulisan tinjauan pustaka yang mirip
daftar pustaka.
Misal:“Tentang hal A dibahas oleh si H dalam buku . . .. . . , si B dalam buku . . . . . . ; sedangkan tentang hal J diterangkan oleh si P dalam buku . .. . . . “. Peninjauan seperti ini biasanya tidak menyebutkan apa yang dijelaskan oleh masing masing pustaka secara rinci (hanya menyebutkan siapa dan dimana ditulis).
Penyebutan judul buku,
yang seringkali tidak hanya sekali, tidak efisien dan menyaingi tugas daftar
pustaka. Dalam tulisan ini, cara peninjauan seperti itu tidak disarankan.
Pengacuan pustaka dalam tinjauan pustaka dapat dilakukan dengan cara yang
bermacam-macam, antara lain: penulisan catatan kaki, dan penulisan nama
pengarang dan tahun saja. Setiap cara mempunyai kelebihan dan kekurangan; tapi
peninjauan tentang kelebihan dan kekurangan tersebut di luar lingkup tulisan
ini.
Dalam tulisan ini
hanya akan dibahas pemakaian cara penulisan nama akhir pengarang dan tahun
penerbitan (dan sering ditambah dengan nomor halaman). Misal: Dalam hal
organisasi tinjauan pustaka, Castetter dah Heisler (1984, hal. 43-45)
menyarankan tentang bagian-bagian tinjauan pustaka, yang meliputi: (1)
pendahuluan, (2) pembahasan, dan (3) kesimpulan. Pengacuan cara di atas
mempunyai kaitan erat dengan cara penulisan daftar pustaka.
Penulisan daftar
pustaka umumnya tersusun menurut abjad nama akhir penulis; dengan format: nama
penulis, tahun penerbitan dan seterusnya. Susunan dan format daftar pustaka
tersebut memudahkan untuk membaca informasi yang lengkap tentang yang diacu
dalam tinjauan pustaka. Misal, dalam tinjauan pustaka:
“. . . . . . Mittra (1986) . . . . . .”
Dalam daftar pustaka, tertulis:
Mittra, S. S., 1996, Decision Support System: Tools
and Techniques, John Wiley & Sons, New York, N. Y.
Sering terjadi, seorang penulis (usulan
penelitian atau karya tulis) ingin menunjukan bahwa bahan bacaannya banyak;
meskipun tidak dibahas dan tidak diacu dalam tulisannya, semuanya ditulis dalam
daftar pustaka. Maksud yang baik ini sebaiknya ditunjukan dengan membahas dan
mengemukakan secara jelas (menurut aturan pengacuan) apa yang diacu dari
pustaka-pustaka tersebut dalam tulisannya. Tentunya hal yang sebaliknya, yaitu
menyebut nama pengarang yang diacu dalam tinjauan pustaka tanpa menuliskannya
dalam daftar pustaka (karena lupa) tidak perlu terjadi.
Berikut ini salah satu petunjuk tentang
penulisan nama untuk pengacuan dalam tinjauan pustaka (dan daftar
pustaka):
A. Penulisan Nama
Penulisan nama mencakup narna penulis yang
diacu dalam uraian, daftar pustaka, nama yang lebih dan satu suku kata, nama
dengan garis penghubung, nama yang diikuti dengan singkatan, dan derajat
kesarjanaan.
1. Nama penulis
yang diacu dalam uraian
Penulis yang tulisannya
diacu daiam uraian hanya disebutkan narna akhimya saja, dan kalau lebih dari 2
orang, hanya nama akhir penulis pertama yang dicantumkan dlikuti dengan dkk
atau et al:
a) Menurut Calvin (1978) ....
b) Pirolisis ampas tebu (Othmer dan Fernstrom, 1943)
menghasilkan..
c) Bensin dapat dibuat dari metanol (Meisel dkk, 1976) ...
Yang membuat tulisan
pada contoh (c) berjumiah 4 orang, yaitu Meisel, S.L., McCullough, J.P.,
Leckthaler, C.H., dan Weisz, P.B.
2. Nama penulis
dalam daftar pustaka
Dalam daftar pustaka,
semua penulis harus dicantumkan namanya, dan tidak boleh hanya penulis pertama
diambah dkk atau et al. saja.
Contoh:
Meisei, S.L., McCullough, J.P., Leckthaler, C.H., dan
Weisz, P.B., 1 976, ....
Tidak boleh hanya:
Meisel, S.L. dkk atau Meisel, S.L. et al.
3. Nama ponulis lebih dari satu sutu kata
Jika nama penulis ierdiri dari 2 suku kata atau lebih, cara penulisannya
ialah narna akhir diikuti dengan koma, singkatan nama depan, tengah dan
seterusnya, yang semuanya diberi titik, atau nama akhir dilkuti dengan suku
kata nama depan, tengah, dan eterusnya.
Contoh:
a. Sutan Takdir
Alisyahbana ditulis: Alisyahbana S.T., atau Alisyahbana, Sutan Takdir.
b. Donald Fitzgerald
Othmer ditulis: Othmer, D.F.
4. Nama dengan
garis penghubung
Kalau nama penulis dalam
sumber aslinya ditulis dengan garis penghubung di antara dua suku katanya,
rraka keduanya dianggap sebagai satu kesatuan.
Contoh:
Sulastin-Sutrisno
ditulis Sulastin-Sutrisno.
5. Nama yang
diikuti dengan singkatan
Nama yang diikuti dengan
singkatan, dianggap bahwa singkatan itu menjadi satu dengan suku kata yang ada
di depannya.
Contoh:
a. Mawardi A.l. ditulis: Mawardi A.l.
b. Williams D. Ross Jr. ditulis: Ross Jr., W.D.
6 . Derajat kosarjanaan
Derajat
kesarjanaan tidak boleh dicantumkan.
Di
bawah ini adalah salah satu contoh format daftar pustaka):
Anderson, T.F. 1951. Techniques for the
Preservation of Three Dimensional Structure in Preparing Specimens for the
Electron Microscope. Trans. N.Y. Acad. Sci. 13: 130- 134.
Andrew, Jr., H.N. 1961. Studies
in-Paleabotany. John Wiley & Sons, Inc., New York. Berlyn, G.P. and J.P.
Miksche. 1976. Botanical Microtechnique and Cytochemistry. The lowa State
University Press, Ames. Iowa.
Bhojwani, S.S. and S.P. Bhatnagar, 1981. The
Embryology of Angiosperms. Vikas Publishing House PVT Ltd., New Delhi.
Cronquist, A. 1973. Basic Botany. Warper
& Row Publisher,New York.
Cutler, D.F., 1978. Applied P/ant Anatomy.
Longman, London.
Dawes. C.J. 1971. Bio/ogica/ Techniques in
E/ectron Microscopy. Barnes & Nob/e, /nc., New York.
Dv Praw, E.J. 1972. The Bioscience: Cel/ and
Mo/ecu/ar Bio/ogy. Cell and Molecular Biology Council, Standford, Califomia.
Bohlin, P. 1968. Use of the Scanning
Reflection Electron Microscope in the Study of Plant and Microbial Material. J.
Roy. Microscop. Soc. 88: 407 - 418.
Erdtman, G. 1952. Po/len Morpho/ogy and P/ant
Taxonomy. Almquist & Wiksell, Stockholm – The Chronica Botanica Co.,
Waltham, Mass.
Esau, K. 1965. P/ant Anatomy. JohnWiley &
Sons. Inc., New York.
Esau, K. 1977. Anatomy of Seed P/ants. John
Wiley 8 Sons. New York.
Faegri, K. and J. Iversen.- 1975. Texbook of
Po/len Ana/ysis. Hainer Press, New York.
B. Pencarian Pustaka secara elektronis/on-line
Pada saat ini, banyak informasi ilmiah yang tersedia
untuk diakses secara elektronis
atau on-line. Informasi ilmiah tersebut tersedia dari
media seperti: CD-ROM (yang dibaca lewat komputer), pita rekaman suara, pita
rekaman video, dan lewat internet. Leedy (1997: hal. 73) menjelaskan beberapa
keuntungan mencari informasi ilmiah secara on-line, yaitu antara lain: tersedia
jutaan informasi dalam bentuk elektronis yang dipasarkan mendunia, publikasi
elektronis biasanya lebih baru karena prosesnya lebih cepat daripada publikasi
cetak, dan pencarian informasi berkecepatan tinggi (karena menggunakan
komputer). Masalah yang saat ini dihadapi adalah beberapa institusi pendidikan
belum mempunyai standar pengacuan bagi informasi ilmiah yang didapat dari
sumber elektronis.
Misal: seperti apa
format sumber pustaka elektronis dari CD-ROM dan internet? Untuk mengisi
kekosongan format tersebut, di bawah ini dikutipkan format yang disarankan oleh
Kennedy (1998: hal. 175-176):
Komponen dasar dari sitasi (pengacuan) pustaka adalah
sebagai berikut: Nama akhir
pengarang, Inisial. Tahun publikasi (bila ada). Judul karya. Judul
tempat atau media informasi (tanggal informasi dikumpulkan dari media
tersebut).
Contoh
untuk situs FTP (File Transfer Protocol):
Johnson,
P. 1994. Tropical Indonesian Architecture
ftp://indoarch.com/Pub/CCC94/johnson-p (22 Apr. 2000).
Contoh
untuk situs WWW (World Wide Web):
Djunaedi,
A. 2000. The History of Indonesian Urban Planning.. http://www.mpkd -ugm.ac.id/adj/riset99/
(18 Apr. 2000).
Contoh
untuk informasi lewat e -mail:
Djunaedi,
A. 22 Maret 2000. The urban pattern of some coastal cities in the northern
Central Java.. research-news@ugm.ac.id (19 Apr. 2000).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar