02 November 2010

SAP Pengantar Statistika



BAHAN KULIAH PENGANTAR STATISTIKA
Mata Kuliah          :  Statistika
Kode mata Kuliah :  FEM 222
SKS                     :  3 SKS (3 – 0)
Waktu Pertemuan :  2 X 50 menit
Pertemuam ke       :  I dan II

A. Tujuan Instruksional :
  1. Umum :
    Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dengan benar konsep dasar statistika sebagai alat bantu untuk menunjang ilmu pengetahuan ekonomi terapan.
  2. Khusus :
    Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dengan benar konsep dasar statistika sebagai alat bantu
B. Pokok Bahasan :
Statistika sebagai alat bantu

C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, statistika sebagai alat bantu, statistika sampel, statistika populasi, statistika deskriptif dan statistika inferensial.

D. Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran

Pendahuluan
  1. Pengenalan mata kuliah
  2. Memperhatikan dan mananggapi fungsi silabus dan materi yang akan disampaikan
  3. Pengeras suara, papan tulis, LCD.
  4. Pengenalan tim pengajar
  5. Menjelaskan silabus yang akan disampaikan selama satu semester
  6. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan pertama
  7. Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
  1. Menjelaskan arti statistika
  2. Memperhatikan dan menanggapi bagaimana hubungan antara statistika dengan ilmu ekonomi.
  3. Menjelaskan peranan statistika dalam menunjang ilmu pengetahuan ekonomi terapan
  4. Memberikan contoh terapan penggunaan statistika
  5. Penutup
  6. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat contoh kasus statistika deskriptif dan statistika induktif,
atas materi yang telah disampaikan berdasarkan kejadian sehari-hari
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 19 – 25
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 1 – 13


Pertemuan ke : III

A. Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa di harapkan dapat membedakan bagaimana data yang baik dan cara-cara membagi data.
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dengan benar cara-cara membagi data yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan membagi data dengan benar.
B. Pokok Bahasan :
1. Statistika deskriptif dan metode-metode yang di perlukan untuk memperoleh data yang baik dan membagi data.
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, statistika sebagai metode untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisa data kuantitatif, kualitatif, statistika sampel, populasi, statistika deskriptif dan inferensial.
D. Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang data yang baik dan pembagian data.
Memperhatikan dan mencatat, menanggapi bagaimana cara mengumpulkan data, mengolah, menyajikan dan menganalisis data.

Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara mengumpulkan data dan pengolahan data.
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menyajikan, dan menganalisis data.
7. Menyakan mahasiswa contoh-contoh pengumpulan,cara menyajikan dan menganalisis data.

Penutup
8. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, .
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah di sampaikan.
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada.

C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang.

E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa untuk membuat kasus tentang cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data atas materi yang telah disampaikan berdasarkan kejadian sehari-hari.
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 21 – 35
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 19 – 23

Pertemuam ke:IV dan V

A.Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai pentingnya matematika dalam statistika
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dengan benar mengenai bermacam fungsi dan penggambarannya.
B.Pokok Bahasan :
1.Macam fungsi dan cara-cara penggambarannya
C.Sub Pokok Bahasan
Pengertian, distribusi frekuensi, distribusi frekuensi relatif dan kumulatif, grafik histogram dan poligon.
D.Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1.Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2.Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3.Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
4.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam fungsi dan cara penggambarannya
Memperhatikan, me- nanggapi tentang bagaimana menyajikan data dengan meggunakan distribusi frekuensi dan mernggunakan grafik
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat distribusi frekuensi
6.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menyajikan, dan menganalisis data dengan membuat distribusi frekuensi relatif, kumulatif dan dengan grafik

Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
a.Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
b.Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
c.Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yanag akan datang.

E.Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara membuat fungsi dan gambar berdasarkan distribusi frekuensi yang sudah di buat.
F.Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 29 – 45
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 21 – 33

Pertemuam ke:VI

A.Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai ukuran variasi dan rata-rata
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam rata-rata, rata-rata hitung, median, modus rata-rata ukur dan koefisien variasi.
B.Pokok Bahasan :
1.Rata-rata simpangan, median, modus, rata-rata ukur dan harmonis, ukuran variasi dan dispersi
C.Sub Pokok Bahasan
Pengertian, rata-rata, kuartil, desil dan persentil, rata-rata simpangan, simpangan baku dan koefisien variasi
D.Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1.Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2.Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3.Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
4.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam rata-rata dan cara menghitungnya
Memperhatikan dan menanggapi tentang berbagai macam ukuran rata-rata
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menbedakan antara berbagai macam rata-rata
6.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang menyajikan, dan menganalisa data dengan membuat berbagai macam ukuran rata-rata

Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
A.Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B.Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C.Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang

E.Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan dan menganalisa data serta membuat berbagai macam ukuran rata-rata
F.Referensi:
A.Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 39 – 45
B.J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 31 – 43

Pertemuam ke:VII dan VIII

A.Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai ukuran dan variasi
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam rata-rata simpangan, simpangan baku dan koefisien variasi
B.Pokok Bahasan :
1.Simpangan baku, koefisien variasi d an ukuran kemencengan
C.Sub Pokok Bahasan
Pengertian, rata-rata simpangan, simpangan baku, koefisien variasi, ukuran kemencengan dan keruncingan kurva
D.Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1.Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2.Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3.Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
4.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam rata-rata dan cara menghitungnya
Memperhatikan dan menanggapi tentang simpangan baku, koefisien variasi dan rata-rata simpangan
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membedakan antara berbagai macam rata-rata simpangan, simpangan baku, koefisien variasi
6.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menyajikan dan menganalisa data dengan berbagai macam ukuran rata-rata

Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
a.Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
b.Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
c.Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang

E.Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa untuk membuat studi kasus tentang cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan dan menganalisa data serta membuat ukuran rata-rata simpangan, simpangan baku dan koefisien variasi
F.Referensi:
A.Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 59 – 25
B.J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 61 – 73

Pertemuam ke:IX dan X

A.Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam bentuk hubungan funsional dari dua variabel
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk hubungan antara dua variabel berdasarkan koefisien korelasi
B.Pokok Bahasan :
1.Bentuk hubungan dengan koefisien korelasi
C.Sub Pokok Bahasan
Pengertian, interpretasi dan cara menghingtung koefisien korelasi
D.Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1.Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2.Menjelaskan materi yang disampaikan dalam pokok bahasan
3.Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
4.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian korelasi data kuentitatif dan kualitatif
Memperhatikan dan menanggapi tentang bagaimana cara menghitung dan
menginterpretasikan koefisien korelasi
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menghitung korelasi dengan data kuantitatif dan kualitatif, arti korelasi dan interpretasinya
6.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien korelasi

Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
A.Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B.Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C.Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang

E.Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien korelasi data kuantitatif dan kualitatif, cara menganalisis dan menarik kesimpulan
F.Referensi:
A.Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 89 – 95
B.J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 91 – 113

Pertemuam ke:XI dan XII

A.Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami bentuk hubungan regresi linier
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu menghitung dan menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk hubungan regresi linier antara dua variabel
B.Pokok Bahasan :
1.Bentuk hubungan dengan koefisien regresi linier
C.Sub Pokok Bahasan
Pengertian, cara menghingtung dan interpretasi koefisien regresi linier
D.Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1.Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2.Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3.Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
4.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian koefisien regresi linier
Memperhatikan dan menanggapi penghi- tungan dan meng- interpretasikan koefisien regresi
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menghitung koefisien regresi linier dan cara menginterpretasikannya
6.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien regresi linier yang diperoleh

Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
a.Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
b.Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
c.Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang

E.Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien regresi dan cara menganalisa dan mengambil kesimpulan
F.Referensi:
A.Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 919 – 125
B.J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 101 – 133

Pertemuam ke:XIII dan XIV

A.Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam hubungan fungsional dari dua variabel
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu menghitung dan menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk hubungan antara dua variabel atau lebih berdasarkan koefisien regresi berganda dan koefisien parsial
B.Pokok Bahasan :
1.Bentuk hubungan dengan koefisien regresi dan korelasi parsial
C.Sub Pokok Bahasan
Pengertian, cara menghitung dan menginterpretasikan koefisien regresi dan korelasi parsial
D.Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1.Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2.Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3.Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
4.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang koefisien regresi dan korelasi parsial
Memperhatikan dan menanggapi bagaimana korelasi parsial dan bagaimana cara-cara menyimpulkan
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menghitung koefisien regresi dan korelasi parsial dan cara-cara menginterpretasikannya
6.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien regresi dan korelasi parsial

Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
A.Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B.Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C.Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang

E.Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien korelasi dan regresi data kualitatif dan kuantitatif serta cara menganalisis dan membuat simpulan
F.Referensi:
A.Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 129 – 135
B.J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 131 – 144

Pertemuam ke:XV dan XVI

A.Tujun Instruksional :
1.Umum :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam bentuk analisis hubungan, koefisien korelasi parsial, koefisien regresi berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan kegunaannya dalam penelitian
2.Khusus :

Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk hubungan antara dua variabel atau lebih serta dapat menggunakannya dalam aplikasi ilmu ekonomi
B.Pokok Bahasan :
1.Analisis hubungan dan pengaruh dengan menggunakan alat analisis regresi dan korelasi sederhana dan berganda
C.Sub Pokok Bahasan
Pengertian, arti koefisien regresi berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien regresi parsial, koefisien korelasi parsial, koefisien determinan dan cara-cara mengambil simpulan yang benar
D.Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1.Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2.Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3.Menjelaskan TIU dan TIK

Penyajian
4.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian koefisien regresi berganda, koefisien korelasi parsial dan koefisien determinasi
Memperhatikan, dan menanggapi bagaimana membedakan variabel independen dan dependen dalam regresi dan korelasi berganda, serta bagaimana menggunakannya dalam penelitian
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang menghitung koefisien regresi dan korelasi berganda, korelasi dan regresi parsial, koefisien determinasi dan cara menginterpretasikan data penelitian
6.Menjelaskan kepada mahasiswa tentang membuat interpretasi dan membuat simpulan

Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
A.Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B.Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C.Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang

E.Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien regresi dan korelasi berganda, korelasi dan regresi parsial, koefisien determinan dan bagaimana membuat simpulan hasil penelitian
F.Referensi:
A.Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 159 – 165
B.J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 141 – 167.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *