15 November 2009

Manajemen Waktu Penulisan Skripsi


Manajemen waktu nampaknya ikut menjadi kendala besar dalam penyelesaian skripsi. Seringkali waktu yang ditargetkan untuk penyelesaian tugas akhir molor hingga berbulan-bulan dari waktu yang direncanakan. Hal-hal semacam ini sangat bisa terjadi bilamana anda tidak bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.
Masalah waktu ini sebenarnya bisa kita siasati dengan beberapa strategi manajemen waktu yang baik. Ada teknik-teknik yang bisa anda terapkan dalam hal ini, misalnya sebagai berikut:
1. Tentukan dan susun jadwal kerja yang akan dilaksanakan selama proses pengerjaan skripsi.
Dalam hal ini, anda dituntut untuk membuat target yang harus anda selesaikan sendiri. Contoh sederhananya ialah, anda mencatat berapa lama waktu yang anda targetkan untuk menyelesaikan Bab I, Bab II, dst. Bila perlu, targetkan pula jumlah dan waktu bimbingan bersama dosen untuk setiap Bab skripsi anda. Dengan begitu anda bisa memiliki gambaran tentang bagaimana penulisan skripsi anda akan berjalan dan kapan selesainya.
2. Laksanakan setiap jadwal atau rencana kerja yang telah disusun dengan sebaik-baiknya.
Percuma anda membuat catatan rencana penyelesaian dan alokasi waktu jika anda tidak melaksanakan apa yang anda rencanakan dengan serius. Setiap jadwal dan rencana yang anda tetapkan dengan waktu dan alokasinya mutlak menjadi beban yang harus anda laksanakan jika anda memang menginginkan penyelesaian skripsi yang tepat waktu.
3. Evaluasi setiap jadwal dan atau rencana kerja yang telah anda laksanakan dalam masa tertentu, misalnya setiap satu pekan.
Dengan mengevaluasi dan melakukan analisa terhadap setiap jadwal dan atau rencana kerja yang telah anda laksanakan, anda bisa mengetahui apakah rencana anda berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga bila ada rencana yang melenceng dari jadwal yang telah anda susun, anda pun bisa menyiasatinya dengan berbagai cara. Misalnya anda menggeser jadwal kerja dan penulisan trtentu ke alokasi waktu lainnya dalam susunan rencana yang telah anda buat.
4. Buat jadwal rutin pertemuan dengan dosen pembimbing.
Usahakanlah untuk menetapkan jadwal pertemuan yang tetap dengan dosen pembimbing. Masalah pertemuan dengan dosen pembimbing bisanya merupakan masalah besar yang sering menghambat waktu penyelesaian skripsi. Karena itu, ada baiknya anda meminta kepada dosen pembimbing untuk mengalokasikan waktu pertemuan rutin dengan anda. Dengan begitu, anda bisa menyusun jadwal yang bisa diprediksi dalam masa penulisan setiap bagian atau Bab.
5. Fokus dan konsentrasi kepada skripsi yang sedang anda susun.
Kurangilah berbagai kegiatan yang tidak berkaitan dengan penyusunan skripsi. Hal semacam ini bisa mengurangi konsentrasi dan menyita waktu anda secara tidak anda sadari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *