15 November 2009

Manajemen Penyimpanan Data Dalam Penulisan Skripsi


Salah satu masalah teknis yang sering muncul dalam penulisan skripsi adalah kesalahan dalam penyimpanan data. Misalnya, adanya data-data penting dan sangat dibutuhkan yang hilang. Sering kali kita kurang begitu hati-hati dalam menyimpan data-data yang akan, masih, dan sudak kita gunakan. Untuk menyiasati masalah ini, kita perlu membuat manajemen pengelolaan dan penyimpanan data yang baik dan dapat diandalkan.
Strategi pertama dalam manajemen penyimpanan data ialah menuliskan segala macam ide dan gagasan yang memiliki kaitan dengan tema, walau ide dan gagasan tersebut baru dalam tataran ‘terlintas di pikiran’. Seringkali hal ini dapat membantu kita dalam memperoleh kembali atau mengumpulkan kembali data yang hilang. Jadi, kebiasaan ini akan sangat berguna sekali.
Yang kedua ialah mengumpulkan segala macam bahan –baik yang berupa buku, jurnal, atau rujukan lain dalam satu tempat yang memudahkan kita untuk mencarinya bilamana kita memerlukannya. Mencari di satu tempattentu saja lebih mudah daripada mencari di banyak tempat. Karena itu, penyimpanan bahan menjadi sangat penting dalam manajemen penyimpanan data skripsi kita.
Strategi ketiga ialah memberi nama file-file dengan menyertakan keterangan tanggal-tanggal revisi. Ini dapat memudahkan proses pengembalian data jika ada file yang hilang.
Siasat keempat adalah dengan membuat back-up berbagai data dan file yang berkenaan dengan penyusunan skripsi anda. Ini perlu dilakukan demi menghindari adanya masalah dengan komputer anda yang bisa memicu hilangnya data. Bila perlu, simpanlah di lebih dari 2 macam perangkat penyimpanan yang khusus anda sediakan untuk itu –seperti Flash disk, external HD, atau bahkan dengan menyimpannya di beberapa komputer.
Yang terakhir, kesegaran ingatan anda merupakan faktor terpenting dalam manajemen penyimpanan data. Untuk itu, setiap kali anda menyimpan suatu data tertentu, ingatlah baik-baik di mana anda menyimpannya. Dengan begitu, anda tidak akan pernah lalai dalam menjaga data-data yang anda perlukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *