02 Mei 2018

MODEL PENULISAN KUTIPAN


SALAH paham tanpa pengetahuan lebih berbahaya, apalagi sampai menyalahkan yang lain, tapi setidaknya ini bisa menjawab keraguan kita dalam mengutip sebuah teori dari referensi, dan bisa bermanfaat bagi para peneliti yang sedang bimbingan skripsi atau dosen membimbing. Tak ada model penulisan yang terbaik tergantung budaya kampus anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan penelitian atau bisa juga untuk mencocokan kira-kira kutipan yang cocok dan lajim digunakan sesuai dengan jurusan dan keilmuan.

Penulis sempat berbeda pendapat dengan pembimbing skripsi lainnya soal sitasi pengutipan. Jurusan bahasa tapi menggunakan model APA style yang biasa digunakan jurusan PSIKOLOGI padahal ada MLA style yang biasa digunakan jurusan bahasa Inggeris. Tak ada patokan sesuai kesepakatan mana yang kita gunakan, tapi semuanya dikomunikasikan biar mahasiswa yang dibimbing tidak bingung dan menghindari sesama dosen merasa paling benar, padahal kebenaran itu masih dilihat dengan pilihan kita dalam riset. Ternyata ada beberapa model penulisan kutipan yang harus diketahui para peneliti pemula, dosen pembimbing dan mahasiswa tingkat akhir antara lain:

1.  APA STYLES

 APA sendiri merupakan kependekan dari American Psychological Association, sehingga APA Styles merupakan salah satu bentuk sitasi yang dikeluarkan oleh organisasi APA terutama untuk bidang PSIKOLOGI dan SOSIAL.
       
Beberapa ciri gaya penulisan sitiran dari APA Styles adalah: 
  1. Daftar Pustaka diurutkan alfabetis berdasarkan Nama Belakang Penulis atau Judul apabila tidak ada penulis 
  2. Nama depan penulis ditulis sebagai inisial 
  3. Apabila ada penulis sama dalam daftar pustaka ditulis berurutan dari tahun yang paling lama 
  4. Bisa ditambahkan huruf a, b, c setelah tahun.


2.  MLA STYLES

 MLA merupakan kependekan dari Modern Language Association. MLA Styles merupakan satu bentuk sitasi yang dikeluarkan oleh MLA untuk sumbersumber penelitian. Model MLA ini dirancang sangat sederhana untuk mempermudah penulis dalam pengkutipan. MLA banyak digunakan untuk penulisan dalam bidang bahasa Inggris dan Humanities.  
  
Beberapa ciri dalam gaya penulisan MLA Styles adalah: 
  1. Nama penulis ditulis lengkap dengan nama belakang atau akhir dituliskan di depan. 
  2. Tahun terbit diletakkan pada bagian akhir. 
  3. Kutipan pada halaman cukup dengan menuliskan kata akhir dan nomor halaman kutipan. 
  4. Pada beberapa media tertentu dapat ditambahkan informasi jenis media dan format, misal cetak, online, web, dll. 
  5. Pada sumber online cukup menampilkan tanggal bulan dan tahun diakses tanpa menyebutkan sumber onlinenya.


3.  CHICAGO DAN TURABIAN STYLES

Turabian Styles merupakan bentuk atau gaya penulisan sitasi hasil penyederhanaan dari Chicago Styles. Biasanya banyak digunakan untuk penulisan di bidang sastra, sejarah dan seni.

Chicago dan Turabian Styles memiliki beberapa ciri yakni: 
  1. Pada catatan kutipan memasukan nama penulis seperti terdaftar dalam artikel (nama depan nama akhir). Sedangkan dalam daftar pustaka atau bibliografi penulisan penulis dibalik (nama akhir, nama depan) sedangkan penulis tambahan tidak dibalik.   
  2. Penggunaan Catatan kaki atau footnotes serta endnotes dalam melakukan kutipan di dalam tulisan atau karya tulis dengan diberi nomor secara kronologis. 
  3. Penulisan penulis ditulis secara utuh dan di balik. 
  4. Selalu memberikan informasi tanggal publikasi atau tanggal terakhir diupdate, apabila tidak ada gunakan kode:  n.d. 
  5. Judul untuk karya tulisan pendek seperti artikel, lagu, puisi, cerita pendek ditempatkan dengan memberikan tanda quotation (“) di antara judul (“Judul”). Tapi untuk judul karya tulisan panjang seperti buku, jurnal, album, film ditulis italic atau miring (Judul) 
  6. Mempunyai dua sistem pencatatan yakni NotesBibliography (catatan bibliografi) yang digunakan dalam bidang Humaniora dan gaya AuthorDate yang digunakan untuk ilmu sosial, ilmu fisik dan ilmu alam. 
  7. NotesBibliography ini menampilkan informasi bibliografi dalam sebuah catatan bisa berupa catatan kaki maupun catatan akhir. Sedangkan AuthorDate menggunakan kutipan langsung pada teks utama dengan memberikan informasi   nama akhir penulis dan waktu publikasi, dimana daftar kutipan ini akan ditampilan dalam daftar referensi di akhir tulisan.


4.  AMA STYLES

 AMA Styles merupakan bentuk sitasi yang dikembangkan oleh American Medical Association (AMA). Gaya sitasi ini banyak digunakan untuk penulisan dalam bidang kesehatan, biologi dan kedokteran. Berbeda dengan model APA dan MLA, model AMA tidak menuliskan nama penulis secara ‘terbalik’ dan untuk kutipan teks menggunakan catatan kaki atau catatan akhir.  

          Ciri AMA Styles adalah: 
  1. Semua item dalam daftar pustaka didaftar berdasarkan urutan numerik. 
  2. Penulisan penulis ditulis nama belakang terlebih dahulu kemudian nama depan ditulis inisial saja dan tidak perlu menggunakan koma di antara nama belakang dan depan. 
  3. Penggunaan spasi tunggal dalam daftar pustaka.


References Manager atau Citation Management Tools

Selain resiko terhadap kemudahan melakukan plagiat akibat budaya copy paste, perkembangan teknologi juga telah memberikan kemudahan bagi para penulis dalam melakukan kutipan atau sitiran melalui berbagai macam program aplikasi. Program aplikasi yang biasa disebut dengan References Manager atau Citation Management Tools ini dapat dengan mudah ditemukan dan digunakan oleh para penulis, baik yang diperoleh secara gratis maupun berbayar.   

Beberapa contoh aplikasi atau perangkat lunak tersebut diantaranya adalah:
1)    Mendeley Reference Manager (www.mendeley.com)
2)    Zotero (www.zotero.org)
3)    EndNote (endnote.com)
4)    RefWorks (www.refworks.com)
5)    Reference Manager (www.refman.com)
6)    CiteULike (www.citeulike.org)

Selain untuk membuat kutipan dengan gaya atau model tertentu yang lazim digunakan, aplikasi references manager juga saat ini sudah dikembangkan sehingga para penulis maupun peneliti dapat melakukan kolaborasi dengan penulis atau peneliti lain, mencari sumber informasi dari berbagai sumber seperti ejournal dan edatabases, hingga mampu memberikan analisis sitiran atau menampilkan statistik sitiran.

Aplikasi reference manager sekarang tidak sekedar untuk memudahkan melakukan kutipan tetapi juga untuk mendukung penulis dalam mendapatkan sumber informasi yang valid, baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Pengetahuan atau ketrampilan menggunakan reference manager ini menjadi penting dalam rangka manajemen sitiran dan menghindari tindakantindakan plagiasi pada saat ini.

Demikianlah contoh nya bisa lihat sendiri di pedoman skripsi kampus masing-masing dan disesuaikan dengan jurusan dan program studi. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka
Barret Library and Information Technology Services (n.d.). What is a Citation. Diakses dari http://www.rhodes.edu/barret/5.1.6_citation.pdf

Coates Library, Trinity University. (n.d.). Turabian Stye Citations (NotesBibliography). Diakses 4 Juli 2013, dari http://lib.trinity.edu/research/citing/turabiannotes.pdf

Hunter, J. (n.d.) The Importance of Citation.    Diakses dari http://web.grinnell.edu/Dean/Tutorial/EUS/IC.pdf


Texas U&M University Library (n.d.) What is a Citation. Diakses dari library.tamu.edu/help/helpyourself/usingmaterialsservices/onlinetutorials/    citingsources/index.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *