19 November 2007

METODE PENELITIAN KUALITATIF

Metode kualitatif didefinisikan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati (Bogdan & Taylor, 1975:5) sedang David Williams (1995) penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan menggunkan metode alamiah dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alamiah.

Prof.Dr. Lexy J. Moleong menyimpulkan penelitian kualitatif adalah "penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya prilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah." (2006:6)

Ciri-ciri penelitian kualitatif

  1. Memiliki latar alamiah.
  2. Manusia sebagai alat/instrumen
  3. menggunkan metode kualitatif (pengamatan, interview atau penelaahan dokumen)
  4. Analisa data secara induktif
  5. Teori dari dasar (grounded theory)
  6. Bersifat deskriptif
  7. Lebih mementingkan proses daripada hasil
  8. Adanya batas yang ditentukan oleh fokus
  9. adanya kriteria khusus untuk keabsahan data
  10. Desain bersifat sementara
  11. Hasil penelitian dirundingkan dan disepkati bersama

4 komentar:

  1. saya mahasiswi semester 6..
    tulisan ini cukup membantu saya yang masih bingung ingin memulai skripsi dari mana..saya tertarik untuk menyusun skripsi kualitatif dan saya sangat senang apabila dalam blog ini anda menyertakan contoh proposal skripsi kualitatif...terimakasih...

    BalasHapus
  2. terimakasih atas kunjungannya, coba anda telusuri kategori proposal..terimakasih atas usulannya.

    BalasHapus
  3. Boleh tahu judul buku, penerbit, pengarang, tahun penerbitan dan kota penerbit dari kutipan "Prof.Dr. Lexy J. Moleong menyimpulkan penelitian kualitatif adalah "penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya prilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll.,..."? buat daftar pustaka soalnya.. thx, sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. bisa minta tolong daftar pustaka nya gan ?

    BalasHapus

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *