04 September 2008

Pengaturan Halaman Skripsi, Proposal, Tesis

Layout Halaman Pada Microsoft Office

Layout halaman merupakan bagian yang sering diabaikan. Memang dia merupakan masalah yang tidak terlalu penting (minor). Akan tetapi dia cukup mengganggu pandangan pada saat membaca. Masalah layout tidak terjadi jika mahasiswa menggunakan document processing system seperti LATEX [2]. Namun masih banyak mahasiswa yang menggunakan word processor dan mengarang layout sendiri. Seringkali, dia gagal dalam menampilkan layout yang baik. Seringkali institusi pendidikan (universitas) memberikan panduan layout dari laporan tugas akhir atau thesis. Cari tahu tentang panduan tersebut dan perhatikan aturan yang diberikan. Jangan seenaknya sendiri! Peletakan nomor halaman, terutama pada awal Bab, merupakan hal yang sering mengganggu. Jangan letakkan nomor halaman pada kanan atas pada awal Bab.

Tulisan ini sengaja saya tulis di sini mengingat pengalaman saya selama di rental komputer, banyak sekali orang yang belum bisa meletakkan posisi nomor halaman. Yang berbeda (ada yang di atas dan ada yang di bawah). Sesuai dengan kebanyakan pedoman PPKI (Pedoman Penulisan Karya Ilmiah) yang menetapkan aturan untuk nomor halaman pada halaman yang ada babnya (Bab I, Bab II, Bab III, dst), posisi halaman di bawah tengah (bottom center).

Sedangkan untuk halaman selanjutnya berada di posisi atas kanan (Top Right).

Berikut adalah caranya (menggunakan microsoft office XP/2003):

  1. Buka (open) dokumen yang akan diberi nomor halaman.
  2. insert → page number pada toolbar
  3. Kemudian pilih position pada top of right (header), sedangkan aligment pada right.Hilangkan tanda centang pada “Show number of first page”Kalau langkah ini sudah dijalankan, maka akan nampak pada dokumen Anda, halaman pada posisi atas sebelah kanan. Kecuali untuk lembar pertama.
  4. Untuk memberikan nomor halaman pada lembar pertama tersebut masuk pada toolbar view – footer. Kemudian masuk lagi ke dalam insert – page number. Pilihlah center pada alligment.Pada tahap ini sudah terjadi halaman yang ada bab.. lembar pertama di bawah tengah sedang selanjutnya kanan atas.
  5. Sedangkan pada dokumen yang menyertakan banyak bab dalam 1 dokumen... untuk bab II (selanjutnya) harus dipisahkan dengan break. (caranya gabung dulu kata Bab II, dst dengan lembar sebelumnya... kemudian klik insert dengan posisi kursor sebelum kata BAB II). Caranya adalah dengan klik insert-break-next page...Kalau itu sudah dilakukan maka akan didapatkan lembar pada BAB II, nomor halaman juga berada di bawah tengah.. dan seterusnya tetap kanan atas...
  6. Usahakan lembar yang berisi Bab I adalah lembar pertama, jangan didahului oleh cover atau yang lain...
  7. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *