11 Desember 2007

Menentukan populasi dan sample


Definisi :
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya Sedang sampel adalah bagian dari jumlah dan karkateristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiono,2006:90)
 
Teknik sampling
Teknik sampling adalah teknik pengambilan sampel untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian antara lain :
A. Probabiliy sampling
Teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) opulasi untuk dipilih menjadi anggota sampel.
a. Simple random sampling.
Teknik pengambilan sampel dari populasi sangat sederhana dengan cara mengambil acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Dengan sayarat anggota populasi homogen.
b. Proportionate stratified random sampling
Teknik pengambilan sampel bila populasi tidak homogen dan berstrata secara proporsional
c. Disproportionate staratified ramdom sampling
Teknik ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel, bila populasi berstrtata tapi kurang proporsional
d. Cluster sampling
Teknik sampling daerah digunakan untuk menentukan sampel bila objek ayang akan diteliti atau sumber data sangat luas, misalnya penduduk suatu negara.
B. Non-probability sampling.
Teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel.
a. Sampling sistematis
Teknik pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut.
b. Sampling kuota
Teknik menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah yang diinginkan.
c. Sampling insidental
Teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel.
d. Sampling purposive
Teknik penetuan sampel dengan pertimbangan tertentu, penelitian tentang kualitas makanan maka sampelnya orang ahli makanan.
e. Sampling jenuh
Teknik pennetuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel
f. Snowball sampling
Teknik penentuan sampel yang mula-muala jumlahnya kecil, kemudian membesar.

Menentukan ukuran sampel
Ketentuan :
  1. Jumlah sampel diharapkan 100% mewakili populasi atau sama dengan populasi itu sendiri.
  2. makin besar jumlah sampel mendekati populasi maka peluang kesalahan generalisasi semakin kecil.
  3. Berapa jumlah sampel tergantung pada tingkat ketelitian atau kesalahan yang dikehendaki selain tergantung pada dana, tenaga dan wak

26 komentar:

  1. PAK...
    IJIN...
    METODE PENELITIANNYA TAK COPY YA...
    SOALNYA BUAT REVERENSI SKRIPSI SAYA...
    MAKACIH...

    BalasHapus
  2. Pak terima kasih atas tulisannya di blog bapak. Juga terima kasih untuk link http://www.skripsiku.com, darisana saya bisa mendapatkan beberapa data yang menarik.

    BalasHapus
  3. terima kasih atas artikel nya. mohon ijin copy paste untuk tugas kuliah. gak lupa kok nanti saya tulis darimana artikel ini berasal.

    BalasHapus
  4. tlg dibantu pak,..
    saya melakukan penelitian eksperimental, sampel yg saya ambil 5 % untuk mengamati kadar air tanah dari 150 pot tanah. apakah sudah cukup mewakili??

    BalasHapus
  5. makasih infonya pak, banyak membantu dalam penetuan proposal

    BalasHapus
  6. Maaf pak, kenapa ga nyantumin daftar pustakanya juga?

    BalasHapus
  7. mau nanya dunk pak...

    misalnya Qt mau penelitian di suatu kecamatan dan 29 TK...

    Cra untuk menentukan sampelnya gmn yah..., minimalnya berapa TK...

    Ga ngerti...

    makasih,,,

    BalasHapus
  8. mf, konsultasi pak, saya sedang tugas akhir, tentang preferensi pasien rawat inap.lokasi di 2 rumah sakit. rata-rata pasien setahun RSU A=2000, RSU B=3000, lama tinggal rata-rata pasien 5 hari. bagaimana jumlah sampelnya?bagaimana teknik pengambilan sampelnya terima kasih,
    www. 085291873735

    BalasHapus
  9. mf, konsultasi pak, saya sedang tugas akhir, tentang preferensi pasien rawat inap.lokasi di 2 rumah sakit. rata-rata pasien setahun RSU A=2000, RSU B=3000, lama tinggal rata-rata pasien 5 hari. bagaimana jumlah sampelnya?bagaimana teknik pengambilan sampelnya terima kasih,
    www. dloniah@gmail.com

    BalasHapus
  10. Chandra : "untuk penelitian eksperimen ketentuan sampel bisa digunakan berdasarkan sampling purposive dengan pertimbangan anda misalnya dari 150 pot anda ambil sampel air 5%..bisa anda coba".

    Anonim : jumlah TK=29 bagaimana sampelnya..? anda harus mengetahui yang menjadi responden TK-nya atau siswanya..kalau TKnya anda ambil semuanya, masuk kategori sampel jenuh karena jumlah populasi dengan sample jumlahnya sama. sedangkan kalau yang anda teliti siswa, anda tinggal data berapa jumlah siswa dari 29 TK tersebut dengan cara "Disproportionate staratified ramdom sampling"

    Sanitasi :"penentuan sampel dapat dilihat dari penyederhaan dari populasi dan jenis responden yang bagaimanakah yang akan diambil dan apakah sampel yang diambil berdasarkan data rumahsakit yang tercatat..karena jumlahnya tak terhingga anda tentukan dulu populasi umum dan sederhanakan kelas rawat inap yang punya permasalahan tinggi yang bisa dijadikan sampelnya. kemudian anda menentukan pembatasan untuk pasien..coba anda uraikan kelas pasien,jumlah pasien,sejenis respondennya..karena jumlahnya tak terhingga anda bisa menentukan dengan sistem kuota sendiri sampai bisa diambil sesuai dengan ketentuan sendiri atau sistem indidental tapi tentukan dulu sampel patokan biasanya paling rendah 30 sampel responden atau anda tahu jumlah perkiraan dari data pengunjung..semoga anda tidak puas..."

    BalasHapus
  11. Pak tanya, untuk menentukan jumlah populasi yang akan dijadikan penelitian minimal berapa dan minta buku referensi buat daftar pustaka. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang mengatakan n>30, atau 10% x jumlah populasi dengan n>100 atau 10 x jumlah variabel. Refernsi semua buku metris ada. bisa juga pakai tabel Krejcie dan morgan, tabel Isaac Micjhael, atau nomogram Harry King. Bisa juga dengan rumus SLOVN, Rumus YAMANE.intinya anda yang menentukan semuanya sesuai dengan kriteria judul dan masalah penelitian anda.

      Hapus
  12. "pak saya mau bertanya".saya sedang tugas akhir dan melakukan penelitian di sebuah rumah sakit. Saya ingin meninjau tingkat efektivitas pembayaran pelayanan kesehatan menggunakan asuransi bagi pasien rawat jalan. saya menggunakan cara kuisoner. Berhubung saya memiliki keterbatasan waktu melakukan penelitian, baiknya saya menentukan sample dan populasinya bagaimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. judul anda sudah postif kuantittaif atau kualitatif. dari judul diatas masih kualitatif, jadi anda tidak membutuhkan smapel.

      kecuali judulnya seperti ini :Efektiftas pembayaran pelayanan kesehatan terhadap peningkatan jumlah pasien rawat inap di RS "Z" tahun 2012.

      Hapus
  13. mohon ijin penulis, tulisan ini saya hapalkan, buat kuis dikelas, trimakasih banyak pa,

    BalasHapus
  14. begini pak yg sy tanyaken tentang penelitian sy yaitu dampak minimarket terhadap pedagang kecil pada sebuah pasar,,,sampling sy apakah pedagang keseluruhan ato kah pedagang yang berptensi dampak seperti toko klontong,,,jika yg sy ambil yg kedua ini apkah penelitian sy ni bisa mewakili,,,dan adapun yg pertama tadi dg sampling keseluruhan pedagang asumsi sy mayoritas tidak berdampak sm sekali karena pedagang klontong sj yg memilik dampak tersebut...mohon penjelasannya terima kasih

    BalasHapus
  15. pak mau nanya, kenapa pada penelitian dengan sampel jenuh, hipotesis di tiadakan? tolong dijawab ya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk penelitian bersampel dan pasti penelitiannya kuantitatif kayaknya tidak mungkin menghilangkan hipotesisnya. sampel jenuh dipiliha apabila jumlah populasinya = jumlah sampelnya. mislanya jumlah populasi dosen PTS "X" hasil obeservasi ada 32 orang dan smapel ditentukan secara sampel jenuh dengan mengambil semua populasi sebagai sampel. semoga tidak puas.

      Hapus
  16. pak izin menggunakan definisi sample dan populasinya sebagai referensi tugas kulah saya ya

    BalasHapus
  17. pak saya mau konsul untuk tugas akhir saya tentang hubungan antara ibu yang mengkonsumsi kopi selama kehamilan TM 1 dengan pengaruh kesehatan pada ibu hamil.bagaimana pengambilan sampel?
    terima kasih.

    BalasHapus
  18. blog yang menarik dan unik, tentunya sangat bermanfaat bagi para pegiat pengetahuan dan karya ilmiah..

    salam kenal Pak,.. :D

    by: TAHU Indonesia

    BalasHapus
  19. selamat pagi saya ingin menayakan, kebetulan saya akan meneliti tentang tanggapan para pedagang disuatu pasar, namun karena tidak ada kerangka samplingnya maka saya harus memakai teknik yang mana? dan berapakah populasi yang harus saya ambil? sebelumya terimakasih

    BalasHapus
  20. pak, klo misalnya populasi ibu hamil dlm sebulan sekitar 38 org.. ngambil sampelnya pake metode apa yaa? terima kasih

    BalasHapus
  21. pak, saya mau tanya apakh dalam mnentukan populasi itu di gunakan rumus????
    law misalkan ia rumus y apa pak,,,??
    mohon bntu an y ea pak...

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...