20 Desember 2015

RESENSI BUKU (NEW)


Buku     : Metodologi Riset
Penulis  : Ahmad Kurnia, SPd, MM.
Penerbit: Reconiascript Publishing
Tahun    : 2015
Hal.       : 212 Hal.
Harga    : Rp. 80.000,-(belum Ongkir)

Sebuah hasil dokumentasi blog sejak tahun 2007 yang disunting penulis sehingga menghasilkan karya yang lebih sederhana mudah dipraktekan dalam penelitian. Secara khusus untuk mahasiswa tingkat akhir jurusan
bahasa yang sebenarnya  tidak begitu jauh berbeda dengan penelitian lainnya seperti pendidikan, manajemen dan komunikasi, tapi lebih dekat pada pola komunikasi dalam berbahasa. Penyajian penelitian lebih bersifat kualitatif, tapi secara umum semua penelitian adalah standar mencari jawaban dari sebuah masalah dan fenomena yang sering terjadi dalam komunikasi bahasa. 

Paradigma penelitian bahasa sebagian ahli beranggapan lebih tepat menggunakan metode kualitatif tapi tidak menutup kemungkinan metode kuantitatif dapat dijadikan sebagai dasar acuan dalam analisa datanya. Dikhotomi ini terjadi sebagai suatu hal yang wajar dalam penelitian, karena mencari kebenaran juga membutuhkan adanya suatu pilihan yang paling mudah, fleksibel dan dapat dianalisis secara transparan.

Begitu juga ketentuan dalam penulisan adalah membuat skema penulisan untuk memudahkan penelitian. Suatu penelitian selalu diawali dengan suatu masalah. Banyak para peneliti yang mengalami hambatan dalam memilih masalah dan merumuskan masalah yang akan diteliti. Bahkan ada yang memulai penelitian dengan mencari judul dulu kemudian dicari masalahnya. Sehingga saat ditanya tentang masalah sebenarnya dari judul tersebut calon peneliti  tidak bisa memahaminya dengan baik. Semoga bermanfaat.

INFO & PESANAN
Ahmad Kurnia
SMS/WA 081314492571
Email : ahmadkurnia@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *