19 Maret 2014

Penelitian Untuk Tugas Akhir

Penelitin untuk tugas akhir jarang terbahas, karena dianggap berbeda dengan skripsi untuk program strata satu (S-1). jarang mengupas lebih lanjut bahkan dipanduan mahasiswa sangat sederhana ulasannya. Tulisan ini akan mengulas tentang sistematika penulisan tugas akhir biasanya untuk program diploma tiga yang sebenarnya mengsyaratkan adanya PKL dulu sebelum menyusun sejenis laporan hasil dilapangan mengenai permasalahan yang berhubungan dengan jurusan.

Kesulitan dalam penyelesaian .
Kesulitan hampir sama dengan penyusun skripsi, tesis ataupun disertasi, ada beberapa kendala yang menyultkan antara lain waktunya yang sempit setelah semester enam harus deadline selesai, sehingga observasi harus dilakukan sejak awal. peralihan tanggung untuk masuk jenjang S-1 sehingga pembimbing agak sedikit intensitasnya berbeda dengan bimbingan skripsi, pertemuan dengan pembimbing diluar jam kerja bagi yang sudah kerja sangat menyulitkan. kendala akademis dengan judul tugas akhir yang tanggung sehingga kebanyakan tugas akhir alakadarnya tidak melihat kualitas yang sangat berbeda dengan penyelesaian skripsi. Selain tentu saja, mentalitas mahasiswa sebagai salah satu penyebab lambatnya mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir ini. Alasan nomor satu yang paling dijadikan penyebab terhambatnya tugas akhir ini adalah kesibukan kerja. Terkadang kampus yang sehausnya untuk program diploma itu harus ada PKL dulu ternyata banyak kampus yang tidak melaksanakan program tersebut sehingga lebih banyak dilakukan mahasiswa saat bekerja dan di lokasi pekerjaan kita.sehingga ada beberapa kampus yang menghapus program akademis ini karena dirasakan tanggung dalam penguasaan keahlian yang sekarang malah dituntut program strata satu (S-1)

Tugas akhir (TA) dan penelitian kualitatif.
Tugas akhir banyak yang sifatnya deskriptif-kualitatif dengan fokus perhatian pada kajian pustaka dengan mengamati aktifitas operasional kerja, permasalahan yang teramati dan solusi penyelesaian dengan model yang ditawarkan secara teoritis (mekanisme kerja, flowchart, iceberg theory, fishbone) ataupun teknik operating system (Software/hardware) atau bisa juga secara empiris (solusi efektif, uji kinerja dan efektiftas kerja) sesuai dengan jurusan atau penerapan aplikasi manajemen dalam standar operasional kerja.

Sistematika Penulisan
Sistematika tulisan hampir mirip laporan PKL yaitu :
BAB 1 PENDAHULUAN
            1.1. Latar Belakang Masalah
            1.2. Alasan Pemilihan Objek
            1.3. tujuan dan Manfaat Penulisan
            1.4. Identifikasi Masalah
            1.5. Batasan Masalah
            1.6. Teknik Pengumpulan Data
            1.7. Sistematika Penulisan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA   
             2.1. Definisi
             2.2. Konsep dan teori
             2.3. Faktor yang mempengaruhi
             2.4. Hambatan
             2.5. Aplikasi dan Solusi

BAB III PROFIL PERUSAHAAN
              3.1. Sejarah singkat
              3.2. Visi dan Misi
              3.3. Kegiatan dan operasional
              3.4. Struktur organisasi
              3.5. Deskripsi kerja
             
BAB IV PEMBAHASAN
              4.1. Konsep dasar operasional variabel
              4.2. Model variabel
              4.2. Kendala dan hambatan operasional
              4.3. Solusi dan penyelesaian masalah

BAB V PENUTUP
              5.1. kesimpulan
              5.2. Saran-saran

Penutup
Tugas akhir diselesaikan dengan bimbingan rutin selain adanya pegajuan judul, topik observasi, persiapan ujian sidang,  lengkap dengan skedul bimbingan sehingga hal ini juga penyebab lamanya kelulusan. kalau hanya sekedar formalitas penulis lebih tertarik untuk menghapus tugas akhir ini dengan mengganti dengan kuliah pengganti sebagai pembekalan ketika mahasiswa lulus dan harus terjun ke masyarakat dan dunia kerja. atau mungkin saja program ini dihapus, tapi terasa kurang bijak karena keahlian madya ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang tidak bisa diganti oleh lulusan strata satu.(Akur, Maret 2014)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *