31 Oktober 2012

TIP & TRIK ; Cara Mudah Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Office 2007

Kesulitan yang mungkin terjadi karena tidak tahu saat mengetik makalah atau untuk skripsi adalah menata daftar isi   kita baisa menulis manual dengan titiknya dan terkadang tidak lurus dan berantakan.  Biasanya kalau cara menulisnya manual  waktu dicetak hasilnya nggak karuan, kacau dan pada morat-marit. caranya adalah sebagai berikut :


1. Pertama-tama tema yang akan masuk daftar isi DIBLOK dulu,  misalnya "Bab 1 Pendahuluan" setelah itu pada tab menu atas Ms. Office kamu pilih menu REFERENCE

2. Setelah masuk di References, Kemudian klik sub menu "Table Of Content" di pojok kiri atas ada Add Text,  klik saja, disitu ada level 1 sampai 3, lalu  pilih kalimat mana yang akan dijadikan sebagai level 1,2 atau 3. Maksudnya level itu adalah penempatan kalimat tersebut dalam daftar isi nantinya. Silakan lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya : 
Perhatikan penempatan levelnya di daftar isi. Semakin besar level semakin ke kanan
3. Setelah level di atur,  cari halaman kosong untuk daftar isinya. Setelah itu klik Table Of Contents, sudah jadi daftar isinya. Pemberian halaman di kanan itu otomatis sesuai dengan di halaman berapa judul ditulis. Pada contoh di atas Bab I Pendahuluan apabila di taruh di halaman 1, maka secara otomatis pada daftar isi setelah titik-titik itu tertulis 1. kita bisa menggantinya secara manual dengan memblok hanya pada halaman setelah titik-titik itu, ingat diblok, jangan cuma naruh kursor didepan angkanya trus kamu delete. Cara manual ini sangat cocok jika kita ingin mengganti halamnnya dengan huruf, misal untuk Halaman Judul dikasih i, terus Halaman Pengesahan kamu kasih ii, daftar isi kami kasih iii dan sebagaiya. Atau  bisa juga kalau ingin menggantinya secara otomatis yaitu dengan menaruh tulisan yang diblok paling atas itu pada halaman selain 1, misal halaman 2, setelah itu blok daftar isinya klik kanan dan pilih Update Field, pilih yang Update Entire Table, kemudian OK. Nah udah ganti sendiri kan halaman pada daftar isinya.

Dengan cara ini daftar isi  jadi terlihat lebih rapi dan tidak morat-marit lagi. Atau ada yang punya cara lain lagi dalam membuat daftar isi ini. semoga bermanfaat.

Sumber tulisan dari :http://anaxkolonx.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *