03 Oktober 2012

CARA MENCARI SKRIPSI GRATIS DI INTERNET

Skripsi merupakan data yang paling banyak dicari oleh mahasiswa tingkat akhir. Skripsi dapat dicari dengan berbagai macam cara, dari dengan memilah tumpukan skripsi di perpustakaan, bertanya-tanya kepada dosen atau mahasiswa atau dengan memanfaatkan media internet untuk mencari referensi skripsi. Cara yang terakhir dinilai lebih mudah dengan hasil yang memuaskan, karena di internet tersedia ribuan file skripsi siap download dengan format PDF atau Word. Meskipun begitu ada beberapa mahasiswa yang belum mengerti bagaimana cara mencari skripsi.

Berikut ini saya berikan berbagai macam cara untuk mencari referensi skripsi di internet, yang nantinya akan dibahas caranya satu persatu:

1. Mencari skripsi di situs penyedia skripsi online

Cara ini adalah yang paling mudah karena kita cukup mengetikkan kata kunci "skripsi" di mesin pencari google, kemudian akan ditampilkan berbagai situs penyedia skripsi. Namun begitu, dalam memilah-milah situs penyedia skripsi perlu diperhatikan juga fasilitas yang diberikan oleh situs tersebut. Ada kalanya skripsi yang disediakan tidak gratis atau berbayar. Untuk mendownload skripsi yang ada, pengunjung diwajibkan menjadi member terlebih dahulu atau memesan DVD skripsi yang mereka miliki. Harga kisaran untuk menjadi member adalah Rp.25.000 sampai Rp.500.000, tergantung benyaknya koleksi skripsi yang mereka miliki.

Jika anda tidak berminat menjadi member, anda dapat memilih situs penyedia skripsi gratis, 4skripsi.com adalah salah satunya. Seluruh pengunjung dapat mendownload skripsi di 4skripsi.com secara cuma-cuma tanpa harus membayar biaya member sepeserpun.

2. Mencari skripsi di repository, digilib atau jurnal universitas

Ratusan skripsi juga tersedia di berbagai repository, digilib atau jurnal online yang dimiliki berbagai Universitas di Indonesia. Berikut ini daftar repository, digilib, eprints dan jurnal online Universitas di Indonesia. Teknik mencari skripsi di berbagai repository dapat dengan memanfaatkan teknik pencarian google dengan bantuan kata kunci.

Pada mesin pencari, gunakan string "SITE:" untuk target pencarian pada situs tertentu. Misalnya ketik "site:repository.usu.ac.id sistem informasi". Maka hasil pencarian akan ditergetkan ke repository.usu.ac.id dengan skripsi membahas mengenai "sistem informasi". Hasilnya dapat langsung dibuka dan didownload. Berikut screenshoot hasil pencarian tersebut.
Mencari Skripsi

3. Mencari skripsi gratis di file hosting

File hosting adalah situs penyedia layanan penyimpanan file gratis. Di file hosting terdapat jutaan file dengan berbagai macam jenis, seperti dokumen, program, musik, video, gambar, dan lain-lain. Beberapa file hosting populer diantaranya adalah 4shared, mediafire, indowebster, ziddu, rapidshared, dan masih banyak lagi.
Kita cukup mengunjungi situs file hosting tersebut kemudian gunakan box pencarian dan mengetikkan skripsi yang ingin dicari. Hasilnya dapat langsung didownload secara mudah. Namun ada juga beberapa file hosting yang tidak menyediakan fasilitas pencarian. Untuk mengakali hal itu, dapat dilakukan dengan menggunakan string pencarian "site:" untuk menargetkan hasil pencarian seperti pada poin 2 tadi. Misalnya "site:mediafire.com skripsi sistem informasi", maka hasilnya akan mencari "skripsi sistem informasi" di situs mediafire.com.

4. Mencari skripsi gratis di situs publising dokumen

Situs penyedia layanan membaca dan penerbit online seperti scribd, docstoc, gazhoo, edocr dan lain-lain menyediakan dokumen dengan format PDF atau DOC yang dapat dibaca, dibagi atau di download. Gunakan kotak pencarian yang disediakan di dalam situs tersebut untuk mencari judul skripsi yang anda inginkan.

5. Mencari skripsi gratis di mesin pencari

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang paling awan digunakan oleh pencari skripsi. Mereka cukup mengetikkan di mesin pencari judul skripsi yang diinginkan. Cara ini akan mendapatkan hasil pencarian yang sangat banyak, untuk itu perlu digunakan teknik pencarian khusus yakni dengan memasukkan kode string seperti "filetype:pdf", "filetype:doc", dan lain-lain. Penggunakan string "filetype" digunakan untuk hasil pencarian berupa file dengan format tertentu seperti PDF atau DOC. Contoh: "filetype:pdf | filetype:doc +skripsi sistem informasi perpustakaan". Maka hasil pencarian tersebut akan menampilkan halaman yang menyimpan data PDF atau DOC dengan kata kunci skripsi sistem informasi perpustakaan. Hasil pencarian dapat langsung di download karena data pencarian berupa file utuh dengan format PDF atau DOC.
Mencari skripsi di mesin pencari


SUMBER: http://www.4skripsi.com

2 komentar:

  1. http://www.distrodoc.com situs andalan saya dalam mencari referensi skripsi. lengkap dari universitas besar di indonesia. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak buat bahan referensi sekripsi

    BalasHapus

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *