21 September 2010

Dasar-dasar analisis statistika

Pada dasarnya analisis statistika terbagi dalam beberapa kategori antara lain ; a). populasi dan sampel b). variabel penelitian c). paradigma penelitian d). hubungan atar variabel e). hipotesa f). data analisis statistika
perangkat yang sering digunakan software SPSS selain ada perangkat lain seperti lisrel, Amos, Systat, Ecostat, Ecosim, Statgraph, Minitab, SAS, SPS, Statistica. jadi banyak pilihan untuk analisis statitika data ini.

program SPSS pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1960 olehNorman H. Nie, C. hadley dan Dale Bent dari Stanford university. pada tahun 1984 dikeluarkan SPSS/PC+ untuk personal komputer sedangkan versi windows dirilis tahun 1992. pada mulanya SPSS dibuat untuk pemecahan masalh pada ilmu sosial seingga SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Socal Science, seiring dengan waktu dan makin populernya program ini, maka penggunaan program ini diaplikasikan pada semua bidang ilmu sehingga kepanjangan SPSS berubah menjadi Statistical Product and Service Solution.
Setiap software pengolah data yang ada memiliki  ciri khas dan kelebihan erta kekurangan masing-masing. dari berbagai macam software pengolah data yang ada, SPSS bisa dijadikan pilihan karena memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk pemecahan berbagai persoalan statistika.

Pada program SPSS tersedia hampir semua model apliaksi statistik, mulai dari yangs ederhana yaitu statistik deskriptif (mean, median,modus, minimum, maksimum,standar deviasi, varians, persentil, kuartil, histogram, standar error, dan lain-lain). statistik inferensial dengan mdel parametrik 9independent sampel T test, paired sample T test, one way ANOVA, korelasi pearson, analisis regresi), uji non-prametrik (Mann-Whitney, Wilcoxon, Kruskal Wallis, Moses, Wald Wolfowitz, Runs, Kendall, Spearman)

Aplikasi dari SPSS dapat dipergunakan untuk membantu pengolaan data statistik dalam ilmu-imu sosial (psikologi, pendidikan, ekonomi, administrasi dan lain-lain) maupun ilmu-ilmu eksakta 9kedokteran, teknik, pertanian, dll)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *