15 November 2009

Menulis Skripsi itu Mudah


Skripsi seakan menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Di Kampus saya saja, entah sudah berapa orang yang terpaksa harus DO karena tak kunjung beres menyelesaikan ‘the ultimate challenge’ dalam dunia kuliah ini. Padahal, menulis skripsi adalah sebuah keniscayaan bagi mereka yang berstatus mahasiswa.
Sugesti buruk ialah beban terberat bagi para mahasiswa yang menganggap menulis skripsi itu sulit. Padahal berpikir positif adalah pondasi utama sebuah kesuksesan. Analogi sederhananya begini: ‘Bagaimana mungkin seorang pemain sepakbola akan mencetak gol ke gawang lawan jika sebelum bertanding saja dia sudah merasa tak mampu mencetak gol?’
Kalau kita menggali hikmah dari kisah orang-orang sukses, kita akan melihat bahwa ada banyak orang yang bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Misalnya, dua kakak beradik Wilbur Wright dan Orville Wright. Ketika mereka pertama kali mencetuskan gagasan untuk menciptakan sebuah alat yang bisa menerbangkan manusia, banyak tetangga mereka yang menganggap bahwa Wright bersaudara sudah gila. Namun mereka kemudian bisa membuktikan bahwa apa yang mereka cita-citakan bukanlah sebuah kegilaan. Maka, mereka pun sukses menciptakan sebuah alat yang dinamakan pesawat terbang.
Demikian pula dalam menulis skripsi, bisakah anda –para mahasiswa yang sedang berkutat dengan urusan ini menetapkan dan memantapkan dalam kalbu dan benak anda bahwa menulis skripsi itu mudah dan bisa dilakukan? Kalau pun anda tetap berpikir bahwa menulis skripsi itu susah, toh itu tak akan memberi manfaat apapun bagi anda. Pada kenyataannya, masih banyak orang yang menganggap bahwa menulis skripsi bukanlah sesuatu yang sulit.
Jadi, kuncinya ada pada niat dan tekad anda. Mulai detik ini, hiruplah nafas dalam-dalam dan tanamkan kalimat ini dalam sanubari anda: ‘MENULIS SKRIPSI ITU MUDAH’. Percaya atau tidak, inilah langkah awal dalam menata kesuksesan untuk menulis skripsi, karena niat dan tekad adalah kunci bagi setiap kesuksesan. Anda yang akan menentukan bagaimana sebuah kesuksesan dibangun, maka ciptakanlah sebuah pondasi niat dan tekad yang kuat untuk mendirikan kesuksesan tersebut dan sugesti ini menjadi sangat penting. Jangan takut dan jangan bimbang dalam menata langkah selanjutnya, karena pondasi yang kokoh akan membuat anda menjadi manusia yang kuat dan siap merintis jalan menuju kesuksesan. Salam!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *