15 November 2009

Faktor-Faktor Penyebab Lamanya Studi di Perguruan Tinggi

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan lamanya masa studi seseorang di perguruan tinggi. Kisaran faktor-faktor tersebut berada di antara wilayah internal dan eksteral dari diri mahasiswa yang bersangkutan. Akan tetapi, setelah melakukan serangkaian penelitian, saya akhirnya menemukan bahwa ada beberapa faktor umum yang menyebabkan lamanya masa studi di Perguruan Tinggi.
Beberapa faktor umum tersebut antara lain:
1. Adanya mata kuliah tertentu yang terus diulang-ulang
Ini merupakan sebuah faktor yang lazim dijumpai pada ‘para mahasiswa abadi’. Memang aneh, bukankah ‘Kerbau pun tak pernah terperosok dua kali ke lubang yang sama?’. Strategi menyiasati hal semacam ini sebenarnya mudah saja. Tekuni dan dalami saja matakuliah yang bermasalah tersebut. Selain itu, siasati juga faktor eksternal dilar itu, yakni dekatilah dosen mata kuliah yang bersangkutan. Kalau ada mata kuliah yang tidak lulus, jangan ragu untuk mendatangi sang dosen dan tanyakan apakah penyebab ketidaklulusan anda, ini bisa menjadi bahan evaluasi yang bagus agar anda tak menulangi kesalahan yang sama dalam mengikuti mata kuliah tersebut.
2. Terlalu aktif berorganisasi
Nah, ‘penyakit’ yang ini agak spesifik. Lazimnya ditemukan pada para aktivis kampus saja. Sebenarnya tidak ada masalah jika mereka yang berkutat dalam faktor ini menikmati perannya dan akhirnya bisa tetap lulus dengan baik. Namun perlu diingat oleh anda: ‘apa sebenarnya tujuan utama anda datang ke perguruan tinggi?’ tentu kuliah dan meraih gelar sarjana. Solusi dalam faktorini pun sebenarnya sangat simpel. Anda tinggal mengaturwaktu sebaik-baiknya dan jika ada konflik kepentingan di antara keduanya, dahulukanlah studi daripada organisasi karena dalam organisasi pasti ada banyak orang lain yang bisa melaksanakan tugas yang anda tinggalkan, sementara jika anda meninggalkan studi demi organisasi…tak ada yang akan bisa menggantikan anda. Benar bukan?
3. Penyelesaian tugas akhir yang bermasalah
Pada umumnya, mahasiswa bisa dengan cepat memenuhi beban sks mata kuliah. Namun problem terbesar justru muncul saat menggarap tugas akhir. Nah, masalah tugas akhir ini ternyata menjadi faktor yang cukup signifikan dalam menghambat kelulusan bagi beberapa mahasiswa tertentu. Siasati ini dengan kunci utama kesuksesan yangtelah kita pelajari dalam ‘Menulis Skripsi Itu Mudah’, yakni sugesti. Tanamkanlah sugesti yang baik demi menggarap tugas akhir dengan baik pula.
Itulah beberapa faktor umum yang menyebabkan lamanya masa studi di Perguruan Tinggi. Pada intinya, faktor pribadi adalah yang kunci sukses paling utama. Bangunlah pribadi anda agar mampu menjadi mahasiswa yang sukses dalam studi dengan berbagai cara dan jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang anda anggap sebagai’role model’ yang baik. Setidaknya anda bisa mempelajari tips-tips mereka dalam meraih kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *